Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV MI Al-Arsyad Metro Tahun Pelajaran 2015/2016

Paramita, Tri Ratna (2017) Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV MI Al-Arsyad Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
Skripsi IAIN Metro 5.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu proses pembelajaran diawali dengan perencanaan yangsangat matang. Perencanaan yang dilakukan dengan baik maka setengahkeberhasilan sudah dapat dicapai, setengahnya lagi terletak pada pelaksanaannya.Hasil observasi di MI Al-Arsyad Metro, 8 Oktober 2015 bahwa metodepembelajaran fiqih yang digunakan oleh guru selama ini masih menggunakanmetode ceramah, sehingga menjadikan hasil belajar kurang maksimal. Karena matapelajaran fiqih adalah mata pelajaran yang lebih menjelaskan pada tata cara danpraktik dalam kehidupan sehari-hari, maka peneliti menerapkan metodedemonstrasi. Dengan metode demonstrasi diharapkan siswa akan memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa.

Metode demonstrasi merupakan metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada peserta didik tentang suatu proses,situasi atau benda tertentu. Tujuan memilih metode demonstrasi agar siswaterangsang aktif mengamati, menyesuaikan antara teori dan kenyataan dan mencoba melakukannya sendiri.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa penggunaan metode demonstrasi padamata pelajaran fiqih kelas IV MI Al-Arsyad Metro mengalami peningkatan. Tingkatketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 33%, sedangkan pada siklus II tingkatketuntasan hasil belajar 80% jadi tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus Idan siklus II terjadi peningkatan 47%, maka target yang diinginkan telah tercapaiuntuk ketuntasan belajar siswa pada akhir siklus. Dapat diketahui bahwa metodedemonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelasIV MI Al Arsyad Metro Pusat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 12 Mar 2020 03:50
Last Modified: 12 Mar 2020 03:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2952

Actions (login required)

View Item View Item