Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Alat Peraga Kertas Lipat Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pada Konsep Pecahan Kelas IV di SD Negeri 1 Harapan Rejo Tahun Pelajaran 2015/2016

Widiastuti, Ani (2016) Penggunaan Alat Peraga Kertas Lipat Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Pada Konsep Pecahan Kelas IV di SD Negeri 1 Harapan Rejo Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
Skripsi IAIN Metro 8.pdf - Other

Download (16MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaktif yang berlangsung antara gurudengan materi yang diajarkan. Hasil pembelajaran tidak tergantung pada apa yangdisampaikan tetapi bagaimana siswa mengolah informasi yang diterima selamakegiatan pembelajaran. proses pengolah informasi oleh siswa dapat diperoleh darikemampuan guru dalam menggunakan alat peraga senagai perantara penyampaianmateri. Berdasarkan hasil prasurvey di SD Negeri 1 Harapan Rejo terhadap matapelajaran Matematika diperoleh data rendahnya motivasi dan hasil belajar siswaterhadap mata pelajaran Matematika. Berdasarkan masalah tersebut maka salahsatu alternatif solusi yang tepat yaitu penggunaan alat peraga. Adapun alat peragayang digunakan yaitu alat peraga kertas lipat dengan konsep Pecahan. Penelitianini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Objekpenelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Harapan Rejo yang berjumlah 34siswa.

Adapun rumusan dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan alat peragadapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematikapada konsep Pecahan kelas IV SD Negeri 1 Harapan Rejo Tahun pelajaran2015/2016?Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasilbelajar siswa mata pelajaran Matematika pada konsep Pecahan kelas IV SDNegeri 1 Harapan Rejo Tahun pelajaran 2015/2016.Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan tes. Lembarobservasi digunakan untuk mengamati motivasi belajar siswa, aktivitas siswa danguru dalam pembelajaran dengan menggunakan alat peraga. Tes digunakan untukmengetahui pemahaman siswa. Analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dankuantitatif.

Dari hasil analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa denganpenggunaan alat peraga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelasIV SD Negeri 1 Harapan Rejo, hal ini dapat dilihat dari rat-rata keseluruhan aspekmotivasi pada siklus I 53,2% dan sikulus II 85,7%. Sedangkan persentase hasilprostes terjadi peningkatan dari siklus I 65% dan pada siklus II 94%. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran yangdilaksananakan dengan menggunakan alat peraga mampu meningkatkan motivasidan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Harapan Rejo terhadap pembelajaranMatematika pada konsep Pecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 12 Mar 2020 03:35
Last Modified: 12 Mar 2020 03:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2955

Actions (login required)

View Item View Item