Dermawan, Agus (2017) Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi IAIN Metro 10.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Proses kegiatan belajar mengajar disekolah bertujuan untuk pengembangan potensi peserta didik dan mempersiapkan menghadapi masa depan yang lebih baik. Salah satu ukuran berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar dapat dilihat dari pemahaman dan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikutimetodepembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran.Namun berdasarkan hasil prasurvey dan wawancara dengan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islamkelas VII.5SMP Negeri 1 Metromenunjukkan bahwa penerapan modelpembelajaran yang kurang sesuai dengan materi pelajaransehingga berdampak pada hasil belajarsiswa dalam proses pembelajaran masih rendah yaitu dari jumlah siswa kelas VII.5 adalah 26 siswa dan satu siswa nonmuslim yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan diperoleh hasil ulangan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebanyak 6 siswa atau 24% yang mencapai ketuntasansedangkan 19 siswa atau 76% belum mencapai KKM.setelah melihat data diatas maka dapat dinyatakan ketuntasan belajar siswa kelas VII.5 di SMP Negeri 1 Metro belum tercapai dan belum maksimal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakahpembelajaran dengan menggunakan model Contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam tahun ajaran 2016/2017 semester ganjil.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektifitas model Contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam tahun ajaran 2016/2017 semester ganjil.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang sudah dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklusnya 3kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.5 SMP Negeri 1 Metro dengan jumlah 26siswa (1 siswa nonmuslim) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan materi hidup tenang dengan kejujuran,amanah , dan istiqomah.Berdasarkan hasil analisis dari penelitian dapat diketahui bahwa dengan menggunakan modelpembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)hasil belajarsiswa mengalami peningkatanpada setiap pertemuan, hal ini dilihat dari rata-rata prosentase hasilbelajar siswa padasiklus 1pertemuanIsebesar 36% pertemuan 2
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 03:28 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 03:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2957 |
Actions (login required)
View Item |