Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Kendala pengembangan produk gadai emas di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Metro

Purnamasari, Tia (2020) Kendala pengembangan produk gadai emas di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI TIA PURNAMASARI NPM. 1502100224.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan produk dan inovasi merupakan sebuah hal penting yang dibutuhkan oleh perusahaan. Perusahaan menjalankan bisnis pasti dengan adanya pesaing di luar perusahaan. Maka dari itu proses ini penting agar perusahaan mempunyai produk yang berbeda dengan pesain dan memiliki keunggulan yang menonjol, sehingga membuat orang tertarik dengan produknya.

Pemasaran tidak terlepas dariunsur persaingan. Biasanya, tidak ada satu bisnis pun, yang dengan leluasa bisa santai menikmati penjualan dan keuntungan. Paling tidak, bukan untuk waktu yang lama karena akan ada persaingan yang ingin turut menikmatinya. Bahkan, yang sering terjadi adalah sebuah persaingan yang sangat kejam, persaingan tidak mengenal belas kasihan. Persaingan tidak akan menanyakan apakah modal si pesaing itu dari warisan, atau berasal dari hasil pinjaman. Oleh karena itu, masalah persaingan mendapatkan perhatian dalam pemasaran. Keberhasilan pemasaran tidak akan signifikan menambah jumlah nasabah tanpa didukungdengan strategi pemasaran. Strategi pemasaran dinilai penting karena merujuk kepada persaingan pasar yang semakin ketat. Mulai dari persaingan dengan sesama bank syariah yang juga menawarkan produk gadai emas, persaingan dengan pegadaian syariah, maupun perusahaan lain yang juga menawarkan produk gadai emas.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang apa Kendala Pengembangan Produk Gadai Emas Di Bri Syariah Kantor Cabang Pembantu Metro. Penelitian ini menggunakan teknikpengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pimpinan dan karyawan Di Bri Syariah Kantor Cabang Pembantu Metro, sedangkan dokumentasi diperoleh dari brosur dan struktur organisasi Di Bri Syariah Kantor Cabang Pembantu Metro. Semua data-data tersebut dianalisa secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian, kendala pengembagan produk gadai emas di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Kota Metro adalah Tuntutankonsumen dan persaingan pasarproduk gadai emas menuntut lembaga keuangan yaitu BRI Syariahmelakukan pengembangan produk. Pengembang produk mempunyai peran yang besar dalam meningkatkan volume penjualan. Oleh karena itu, lembaga keuanganharus selalu memantau atau mengikuti perkembangan selera konsumen ataupun keluhan-keluhan dari pelanggan. Lembaga keuangan yaitu BRI Syariahjuga harus mengawasi perubahan taktik dan strategi dari pesaing agar dapat mengantisipasi lebih dini tindakan yang perlu dilakukanberkaitan dengan produk yang dihasilkan BRI Syariah.

Resiko adanya pemalsuan, penipuan dari kadar emas, sehingga BRI Syariah KCP Metro selalu update pengetahuan dari tenaga kerja yang handal tentang penafsiran, beliau juga mengatakan kekuatan dan kelemahan dalam mengembangkan produk gadai emas di BRI Syariah KCP Metro, kekuatanya yaitu memliki safety, penawaran lebih mahal dan amanah, sedangkan kelemahannya menganggap semua orang berlaku amanah dan jujur dalam perjanjian kontrak, karena kurangnya pengawasan dan pembinaan serta sosialisasi sehingga ini menjadikan bomerang bagi BRI Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 01 Jul 2020 03:32
Last Modified: 01 Jul 2020 03:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2966

Actions (login required)

View Item View Item