Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV SD Negeri 05 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2015/2016

Wulandari, Dita (2016) Penggunaan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV SD Negeri 05 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 10.pdf - Other

Download (615kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil survey pada proses pembelajaran PKn peserta didikkelas IV SD Negeri 05 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2015/2016, pelajaran PKnini kurang diminati siswa karena metode yang digunakan monoton seperticeramah. Berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak semua mencapaiKKM. Diperlukan adanya kegiatan pembelajaran yang efektif danmenyenangkan yang dapat menyeimbangkan fungsi kerja otak.

Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan sebuah upayaperbaikan pada proses pembelajaran melalui penerapan metode pembelajaranContextual Teaching And Learning (CTL).Adapun rumusan masalah dalampenelitian ini adalah: Apakah penggunaan metode Contextual Teaching AndLearning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaranPKn kelas IV SDNegeri 05 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2015/2016?Tujuannya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn peserta didik kelasIV melalui penggunaan Contextual Teaching And Learning.

Dalam upaya ini peneliti menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dengan judul penelitian yaitu:Penggunaan Metode Contextual TeachingAnd Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PendidikanKewarganegaraan Kelas IV SD Negeri 05 Metro Pusat Tahun Pelajaran2015/2016. Adapun dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakanlembar observasi dan tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pesertadidik dalam setiap pertemuan.

Dari hasil analisis setelah dilakukan proses perbaikan melalui 2 siklusdengan 2 kali pertemuan pada tiap siklusnya, diketahui dari rata-rata presentasepada hasil belajar PKn siswa dari 65,78% pada siklus I meningkat 15,79%menjadi 81,48% pada siklus II. Berdasarkan data tersebut maka dapatdisimpulkan bahwa dengan penggunaan metode Contextual Teaching AndLearning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran PKnpeserta didik kelas IV SD Negeri 05 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 24 Mar 2020 07:47
Last Modified: 24 Mar 2020 07:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2992

Actions (login required)

View Item View Item