Wahyuni, Sri (2012) Penerapan Metode Contextual Teaching And Learning(CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bidang Studi IPA Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Muhajirin Kota Negara Lampung Utara Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
Skripsi 14.pdf - Other Download (288kB) | Preview |
Abstract
Proses belajar mengajar disekolah bertujuan untuk mengembangkanpotensi peserta didik dan mempersiapkan menghadapi masa depan yang yanglebih baik. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, maka salah satu ukuranberhasil atau tidaknya proses pembelajaran dapat dilihat dari pemahaman-pemahaman dan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti metodepembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan 2 siklus dan masing-masing siklus tiga kali pertemuan, objek penelitian ini kelas IV MadrasahIbtidaiyah Nurul Muhajirin Kota Negara Lampung Utara dengan jumlah siswa 22pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan materi Gaya.
Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah pembelajaran dengan menggunakan metode Contextual Teaching and Learning(CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nurul Muhajirin Kota Negara Lampung Utara?Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui peningkatanhasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) denganmenggunakan metode Contextual Teaching and Learning di kelas IV semestergenap Madrasah Ibtidaiyah Nurul Muhajirin Kota Negara Lampung Utara tahunpelajaran 2011/2012.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahdengan menggunakan metode observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi.Adapun analisis yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakanlembar pengamatan aktivitas siswa, tes hasil belajar,dan lembar pengamatanaktivitas guru.Dari hasil analisa dapat diketahui hasilnya bahwa aktivitas siswameningkat secara keseluruhan 5,8% dari 75,4% pada siklus I menjadi 81,2% padasiklus II. Kemudian pada hasil belajar meningkat 37% dari 45% pada siklus Imenjadi 82% pada siklus II, dan aktivitas guru meningkat 18% dari 71% padasiklus I menjadi 89% pada siklus II.Berdasarkan data tersebut maka dapat diketahui bahwa denganmenggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dapatmeningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 24 Mar 2020 04:23 |
Last Modified: | 24 Mar 2020 04:23 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2996 |
Actions (login required)
View Item |