Nurhayati, . (2015) Implementasi Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih di MI Darul Hikmah Desa Agung Jaya Kecamatan Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2014/2015. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
Skripsi 16.docx.pdf - Other Download (790kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi dengan pembelajaran shalat pada usia anakyang sangat penting, karena disamping sebagai sarana untuk melatih anak dalammelaksanakan tugas dan kewajiban kepada Sang Khalik, shalat juga sangat besarmanfaatnya dalam kehidupan rohani manusia. Dengan demikian, selain sebagaitugas dari orang tua, guru sebagai sosok pengganti orang tua dalam duniapendidikan juga memiliki persamaan tugas dan tanggung jawab dalammerencanakan dan melaksanakan pembelajaran untuk anak didik, termasuk dalampembelajaran shalat.
Penelitian ini bertujuan apakah dengan menggunakan metode demonstrasidapat meningkatkan prstasi belajar fikih pada pokok bahasan shalat sunahrawatib. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yangterdiri dari dua siklus. Tiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan,pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelasIII MI Darul Hikmah Agung Jaya Tulang Bawang.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar shalatsiswa setelah diterapkannya metode demonstrasi. Hal ini dapat di lihat dari hasilbelajar praktek shalat pada kategori gerakan shalat rawatib siswa mengalamikenaikan yaitu pada siklus I siswa yang berada pada kategori baik dan baik sekaliada 24 siswa atau 67% naik menjadi 31 siswa atau 82 % pada siklus II. Begitujuga hasil pada kategori bacaan shalat siswa juga mengalami kenaikan yaitu padasiklus I siswa yang berada pada kategori baik dan baik sekali ada 22 siswa atau61 % naik menjadi 30 siswa atau 83,3 % pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa, pembelajaran denganmetode Demonstrasi pada materi tentang shalat sunah rawatib, dapatmeningkatkan keterampilan ibadah salat yaitu untuk keserasian antara bacaandengan gerakan salat. Dengan demikian, metode pembelajaran Demonstrasi danini layak diterapkan sebagai metode alternatif yang dapat digunakan pada prosespembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 24 Mar 2020 04:17 |
Last Modified: | 24 Mar 2020 04:17 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2998 |
Actions (login required)
View Item |