Ikhsanuddin, Muhammad (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Melalui Metode Quantum Learning Pada Siswa Kelas IV MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya Kecamatan Bandar Sri Bhawono Lampung Timur TP 2014/2015. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
Skripsi 17.doc.pdf - Other Download (403kB) | Preview |
Abstract
Nilai-nilai yang diperoleh siswa setelah belajar disebut hasil belajar. Nilai yangdicapai siswa ini sekaligus mencerminkan persentase penguasaan materi oleh siswa.Misalnya nilai 70 atau 80, artinya bahwa materi pelajaran yang telah diberikan oleh gurudikuasai oleh siswa sebanyak 70% atau 80%. Berdasarkan pda hasil pra survey yang telahdilakukan terhadap 10 siswa, diketahui 6 siswa atau mencapai 60% hasil belajar yangdicapai masih berada di bawah batasan minimal KKM yang ditetapkan yaitu 65. Hal inimerupakan fenomena yang menarik dan menjadi alasan penulis untuk mengadakanpenelitian di MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya Kecamatan Bandar Sri Bhawono LampungTimur Tahun Pelajaran 2014/2015”, dengan menerapkan metode quantum learningAgarproses penelitian ini tidak menyimpang dari pokok permasalahan yang ditetapkan, makadirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut: "Apakah penerapan metode quantumlearning dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas IV MI Nurul HudaSadar Sriwijaya Kecamatan Bandar Sri Bhawono Lampung Timur Tahun Pelajaran2014/2015?”.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: “Untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadits melalui metode quantum learning pada siswakelas IV MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya Kecamatan Bandar Sri Bhawono LampungTimur Tahun Pelajaran 2014/2015”.Adapun hipotesis yang ingin penulis uji dalam penelitian ini adalah: “Melaluipenerapan metode quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Haditssiswa kelas IV MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya Kecamatan Bandar Sri BhawaonoLampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015”. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya denganmenggunakan 24 peserta didik sebagaia sampel. Data dikumpulkan menggunakan metodetes, observasi dan dokumentasi.
Untuk menganalisis data dalam penelitian ini, maka digunakan pendekatanstatistik yaitu dengan menggunakan rumus persentase dengan alasan bahwa rumuspersentase dapat digunakan untuk mengetahui perbedaan (selisih) data hasil belajarsebelum dan sesudah diterapkan teknik kerja kelompok. Adapun rumus persentase. Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, danberdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: “ Melalui metodequantum learning dapat meningkatkan hasil belajar Al-Qur’an Hadits pada peserta didikkelas IV di MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya Lampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 24 Mar 2020 04:12 |
Last Modified: | 24 Mar 2020 04:12 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2999 |
Actions (login required)
View Item |