Kohar, M. Abdul (2013) Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V di SDN 1 Negeri Katon Kecamatan Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
Skripsi 18.docx.pdf - Other Download (301kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran merupakan upaya pendidik untuk membantu siswa melakukankegiatan belajar dan mampu menciptakan kegiatan belajar yang bermakna,menyenangkan, kreatif dan dinamis. Hal ini mengharuskan seorang pendidik untukbisa membuat suasana nyaman dan menyenangkan serta belajar pun menjadi lebihbermakna. Belajar tentunya mempunyai cara dan tehnik agar bisa tercapai hasilbelajar yang diharapkan. Peneliti melakukan prasurvei terhadap hasil belajar siswa pendidikan agamaIslam untuk mengetahui gambaran awal hasil belajar PAI siswa SDN 1 Negeri Katon.Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi di wawancara diperoleh data bahwadalam pembelajaran lebih banyak menggunakan metode ceramah, dan bersifatmonoton sehingga menyebabkan siswa merasa bosan, kurang menarik minat,sehingga akibatnya hasil belajar siswa kurang.
Maka salah satu upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalahdengan menggunakan metode bercerita dalam proses pembelajaran di kelas. Denganmenggunakan metode bercerita dalam menyiapkan kondisi siswa untuk siap belajardan memotivasi siswa untuk belajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelasyang sudah dilaksanakan pada 2 siklus dan masing-masing siklus 3 pertemuan, objektindakan penelitian ini kelas V SDN 1 Negeri Katon dengan sejumlah murid 38siswa. Pada mata pelajaran PAI dengan materi cerita Kisan-kisah para Nabi.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode bercerita dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 1 Negeri Katon Kabupaten Lampung Timur ?.Pengumpulan data dalam metode bercerita ini berupa tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui atau mengukur hasil belajar dan observasi untuk mengamati dan mencatat gejala-gejala yang terjadi selama kegiatan pembelajaran dengan mengguakan metode bercerita, serta untuk mengamati aktivitas-aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Dengan metodebercerita dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VSDN 1 Negeri Katon Kabupaten Lampung Timur, rata-rata hasil belajar siswapendikan agama Islam meningkat, yaitu dari 38 jumlah siswa yang tuntas KKMadalah 33 siswa (86,85%). Dalam hal ini memenuhi target yang dicapai yakni 80%dari siswa yang memperoleh nilai ≥ 65.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 24 Mar 2020 04:06 |
Last Modified: | 24 Mar 2020 04:06 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3000 |
Actions (login required)
View Item |