Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Quantum Teaching Pada Matapelajaran Matematika Kelas V SDN 3 Raman Fajar Lampung Timur Tahun Ajaran 2015/2016

Ratnasari, Hesti (2016) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Quantum Teaching Pada Matapelajaran Matematika Kelas V SDN 3 Raman Fajar Lampung Timur Tahun Ajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
Skripsi IAIN Metro 1.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil prasurvei peneliti, pada hasil ulangan semester ganjil matapelajaran Matematika kelas V SDN 3 Raman Fajar Tahun Ajaran 2015/2016 darijumlah siswa sebanyak 14 siswa terdapat 8 siswa yang belum tuntas KKM karenaproses pembelajarannya masih menggunakan metode pembelajaran yang kurangmenunjang keaktifan siswa. Maka pada penelitian ini, peneliti berupayamenerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Model pembelajaranQuantum Teaching merupakan suatu model pembelajaran yang prosespembelajarannya berpusat pada siswa, guru bertindak sebagai fasilitator danmotivator bagi siswa. Sehingga siswa dapat aktif berpartisipasi dalam prosespembelajaran.

Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan sebuah upayapeningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran QuantumTeaching. Sebagaimana tujuan penelitian pada penelitian ini adalah untukmeningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika melaluipenerapan model pembelajaran Quantum Teaching kelas V SD Negeri 3 RamanFajar tahun ajaran 2015/2016.

Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas model Hopkins yangdilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan.Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Raman Fajar yangberjumlah 14 siswa yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 8 siswa dan siswaperempuan berjumlah 6 siswa. Pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan observasi, dokumentasi, dan tes.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa hasilpembelajaran Matematika di kelas V di SDN 3 Raman Fajar meningkat dari siklusI ke siklus II yaitu 64,28% menjadi 78,57%, dengan peningkatan mencapai22,231%. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan modelpembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas Vpada mata pelajaran Matematika di SDN 3 Raman Fajar tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 01 Apr 2020 05:04
Last Modified: 01 Apr 2020 05:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3001

Actions (login required)

View Item View Item