Fitriyanti, Mariia (2016) Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di MI Nurul Hidayah Kacapura Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
Skripsi IAIN Metro 2.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala yang dihadapi dalamproses pembelajaran IPA di kelas IV MI Nurul Hidayah Kacapura, antara lainadalah karena rendahnya hasil belajar siswa serta masih banyak siswa yangkurang memperhatihkan guru dalam menjelaskan materi, proses belajar tidakberjalan dengan maksimal, karena kurang adanya respon dari siswa, kurangnyakomunikasi antar siswa serta pembelajaran kurang berfareatif hanya diruang kelasdan sistem pembelajaran masih bersifat teoritis. Hal ini menyebabkanpembelajaran kurang menarik perhatian siswa sehingga hasil belajar siswamenjadi rendah.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah”Apakah terdapat peningkatanhasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing padamata pelajaran IPA kelas IV di MI Nurul Hidayah Kacapura?”. Adapun tujuandari penelitian ini adalah untuk Mendiskripsikan penggunaan model BambooDancing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dikelas IV di MI Nurul Hidayah Kacapura Tahun Pelajaran 2015//2016.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiridari 2 siklus yang masing- masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melaluiobservasi, dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, pembelajaran dengan menggunakanmodel kooperatif tipe Bamboo Dancing dapat meningkatkan hasil belajar danaktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Nurul HidayahKacapura Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan tingkat ketuntasan pada siklus Imemperoleh 66,66% dan siklus II mencapai 86,66% hal ini mengalamipeningkatan 20%. Selain itu aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatanpada siklus I ke siklus II yaitu dari 61,33% menjadi 78,6% dan mengalamipeningkatan 17,27%. maka dapat diambil kesimpulan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dapat meningkatkan aktivitas danhasil belajar siswa kelas IV MI Nurul Hidayah Kacapura tahun pelajaran2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 01 Apr 2020 04:59 |
Last Modified: | 01 Apr 2020 04:59 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3002 |
Actions (login required)
View Item |