Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sdn 1 Rejo Agung Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016

Prasanti, Ella (2016) Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sdn 1 Rejo Agung Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
Skripsi IAIN Metro 3.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS sebagai ilmu sosial yaitu untuk mendidik siswa dalammemahami ilmu-ilmu sosial seperti perilaku yang kaitannya dengan usahamanusia untuk memenuhi kebutuhan hidup, lingkungan, dan mampu membekalisiswa menjadi warga negara yang baik yang berkemampuan sosial, berkomunikasidengan masyarakat dan bertanggung jawab. Berdasarkan hasil survey, sebagianbesar siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, guru belummenggunakan beberapa variasi model pembelajaran, hasil belajar siswa pada matapelajaran IPS masih rendah dan masih banyak yang tidak mencapai KKM.Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan upaya perbaikanpada proses pembelajaran IPS melalui Model Cooperative Learning TipeSnowball Throwing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakahpenggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Snowball Throwingdapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS bagi siswa kelasIV SDN 1 Rejoagung Tahun Pelajaran 2015/2016”.Adapun tujuan dari Penelitianini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS setelah mengikutipembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learningtipe snowball throwing pada siswa kelas IV SDN 1 Rejoagung Tahun Pelajaran2015/2016.

Jenis penelitian ini adalah PTK dengan pengumpulan data yang dilakukandengan lembar observasi dalam proses pembelajaran, yakni untuk mengetahuipeningkatan proses pembelajaran siswa, dan lembar tes untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar siswa. Pembelajaran dilakukan sebanyak2 siklus dengan4 kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalamipeningkatan.Hasil belajar meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu, 67,85%,menjadi89,28%, dengan peningkatan 21,43%. Maka dengan hasil ini target yangingin dicapai dari siswa memperoleh nilai >63 sebanyak 80% dapat dicapai.Makadapat disimpulkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe snowballthrowing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelasIV SDN 1 Rejoagung Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 01 Apr 2020 04:54
Last Modified: 01 Apr 2020 04:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3003

Actions (login required)

View Item View Item