Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Modelcooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Untoro Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016

Pangestika, Marzelly (2016) Penggunaan Modelcooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Untoro Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
Skripsi IAIN Metro 4.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan suatu perubahan yang terjadi pada diri seseorangsetelah melakukan proses pembelajaran yang diperoleh siswa yang berupa nilaidari mengerjakan tes. Hubungan yang tidak sinergi antara komponen tersebutmenyebabkan proses pembelajaran tidak mengacu pada cara belajar yang aktif.Hal ini menyebabkan aktivitas belajar siswa menurun sehingga hasil belajar yangdiperoleh rendah. Berdasarkan prasurvey di SD Negeri 1 Untoro KabupatenLampung Tengah pada mata pelajaran matematika diperoleh data yaitu masihbanyak siswa yang kurang memperhatikan guru dalam menjelaskan materipelajaran, karena model pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikanmateri kurang bervariasi hanya berpaku pada model picture and picture yang ituhampir sama dengan media gambar. Berdasarkan masalah tersebut makasolusinya adalah penulis mengajukan penerapan model pembelajaran CooperativeLearning tipe Numbered Head Together (NHT).

Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered HeadTogether adalah pembelajaran yang dilakukan secara kelompok dimana masing-masing kelompok diberi nomor. Adapun tujuan penelitian ini adalah: Untukmeningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan Model PembelajaranCooperative Learning Tipe Numbered Head Together pada Mata PelajaranMatematika di kelas V SDN 1 Untoro Kecamatan Trimurjo Kabupaten LampungTengah Tahun Pelajaran 2015/2016.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yangdilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan.Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Subjekpenelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Untoro dengan jumlah siswa 28 yangterdiri 17 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Analisis data menggunakanrumus rata-rata.

Dari hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipeNHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1Untoro. Rata-rata persentase hasil postes siklus I yang digunakan untuk mengukurhasil belajar siswa adalah sebesar 67,8% dan pada siklus II sebesar 92,8%.Sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 36,8%. Hal inimenunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 01 Apr 2020 04:51
Last Modified: 01 Apr 2020 04:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3004

Actions (login required)

View Item View Item