Liana, Lusy Septa (2016) Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 1 Metro Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
Skripsi IAIN Metro 6.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan ilmu teknologi dan pengetahuan berdampak pada semuakehidupan. Oleh karenanya diperlukan untuk memperoleh dan memanfaatkanIptek secara baik. Kemampuan ini membutuhkan pemikiran yang logis, sistematisdan kritis yang dapat dikembangkan melalui peningkatan mutu pendidikanmelalui pembelajaran matematika. Ada empat komponen yang sangat pentinguntuk diperhatikan agar tercapai tujuan pembelajaran yaitu bahan belajar, suasanapembelajaran, media dan guru sebagai subjek pembelajaran. Realita masalah yangterjadi media dan alat peraga tidak dimanfaatkan dengan baik sehinggapembelajaran melemah dan dapat menghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Melalui proses prasurvei yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas V SDNegeri 1 Metro Timur, masih dijumpai beberapa hal yang tidak berjalan denganoptimal antara lain belum tercapainya tujuan pembelajaran dikarenakan siswamasih mengalami kesulitan mengerjakan soal matematika.Rumusan masalahdalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Alat Peraga dapat meningkatkanpemahaman konsep matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur TahunPelajaran 2015/2016? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuipeningkatan pemahaman konsep pada mata pelajaran matematika siswa kelas VSD Negeri 1 Metro Timur melalui penggunaan alat peraga.Permasalahan di atas perlu diadakan upaya dalam memperbaiki peningkatanpemahaman konsep siswa karena jika tetap dibiarkan mempengaruhi hasil belajarsiswa. Maka solusi yang peneliti tawarkan berdasarkan masalah di atas melaluipenelitian tindakan kelas dengan judul penggunaan alat peraga untukmeningkatkan pemahaman konsep matematika materi bangun ruang. Penelitian inidilakukan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pada masung-masing pertemuan dimaksimalkan pembelajaran dengan menggunakan alat peragayang sudah ditentukan dengan masing-masing RPP.Berdasarkan masalah dan solusi yang sudah diterapkan dalam pembelajaranMatematika dengan penggunaan alat peraga ini dapat meningkatkan pemahamankonsep. Analisis data menggunakan rumus rata-rata hitung N-Gain. Pada siklus Idiperoleh persentase 73% dan pada siklus II diperoleh N-Gain skor 92%meningkat sebesar 19% dengan N-gain 0.69 kriteria sedang. Berdasarkanpeningkatan pemahaman konsep matematika di atas, maka dapat disimpulkanbahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep padamata pelajaran Matematika siswa kelas V SD Negeri 1 Metro Timur TahunPelaran 2015/ 2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 01 Apr 2020 04:36 |
Last Modified: | 01 Apr 2020 04:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3006 |
Actions (login required)
View Item |