Putri, Silvia Dwi (2016) Implementasi Gadai dan Strategi Pengembangan Pada Pegadaian Syariah di Kota Metro. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
TA SILVIA DWI PUTRI.pdf - Other Download (6MB) | Preview |
Abstract
Implementasi gadai adalah suatu pelaksanaan gadai syariah dimana nasabahdatang kepada murtahin dengan menyerahkan barang jaminan sebagaitanggungan utang untuk memperoleh pinjaman, transaksi tersebut dalam IslamdisebutAr-Rahn.Pegadaian syariah merupakan lembaga jaminan yang telahdikenal dalam kehidupan masyarakat, dalam upayanya untuk mendapatkan dana,guna memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu ada pula upaya untukmempertahankan Pegadaian syariah guna memperlacar pelaksanaan gadai diPegadaian syariahKota Metro, yaitu dengan adanya strategi pengembangan.Strategi pengembangan adalahrencana atau taktik yang dibuat dan dilakukanguna tercapainya suatu tujuan, yaitu agar Pegadaian syariah dapat berkembangdandapat tetap bertahan di Kota Metro tanpa harus dimergeratau digabungkandengan unit Pegadaian lainnya, dan dengan begitu otomatis pelaksanaan gadai diPegadaian syariah Metro tetap bisa berjalan lancar.
Pertanyaan penelitian dalamtugas akhir ini adalah:Bagaimana pelaksanaangadai di Pegadaian syariah Metro danBagaimana strategi pengembanganprodukgadai diPegadaiansyariah metro.Jenis penelitian yang dilakukan adalahpenelitian lapangan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi danwawancara, kemudian dianalisis melalui prosesediting,sedangkan sifatpenelitiannya adalah deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa:Pelaksanaan gadaisyariah sangat sederhana dan dilakukan dengan waktu yang relative singkatsertasudah berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional, No.25/DSN-MUI/III/2002tanggal 26 Juni 2002, yang menyatakan biaya penyimpanan tidak bolehditentukan berdasarkan jumlah pinjaman danhanya akan memperolehkeuntungan daribiaya sewa tempat yang dipungut, serta dalam penerapannyaterdapat dua akad yaitu akadrahndanijarah.Sedangkan strategi pengembanganprodukyang dilakukan yaitu memperluas strategi pemasaran produk gadaisyariah, strategi dalam bidang promosi,strategi dalam bidang hargadanstrategidenganmenciptakan/menambah produkgadaidari yang sudah ada sertamempertahankan surplus Pegadaian syariah dan terus berupayameningkatkannya.Dengan terlaksananya strategi tersebut maka keuntungan yangdiperoleh pun meningkat sehingga target OSL tercapai dan Pegadaian syariahbisa tetap berdiri di Kota Metro tanpa harus di merger dengan unit Pegadaianlainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 01 Apr 2020 04:11 |
Last Modified: | 01 Apr 2020 04:11 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3007 |
Actions (login required)
View Item |