Aprilia, Ariesi (2016) Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Siswa Kelas VI SD N 2 Sumber Agung Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 22.pdf - Other Download (449kB) | Preview |
Abstract
Hambatan dalam proses pembelajaran IPA di kelas VISD N 2 Sumber AgungKec. Seputih Mataram Kab. Lampung Tengah adalah disebabkan karena kegiatanpembelajaran selama ini hanya berpusat kepada guru dengan didominasi olehkecenderungan metode ceramah dan penugasan, sehingga siswa tidak terlibat secaraaktif dan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah “Apakah penerapanmetode make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SDN 2 Sumber Agung Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah TahunPelajaran 2015/2016?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkanhasil belajar IPA melalui penerapan model make a match pada siswa kelas VI SD N 2Sumber Agung Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah TahunPelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang di dalamnyaterdapat dua siklus. Pengumpulan data dalam model make a match ini berupa tes hasilbelajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar digunakan untukmengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi pelajaran IPA mengenaimateri Tata Surya. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui peningkatanaktivitas belajar siswa terhadap penerapan model make a match. Lembar dokumentasidigunakan untuk mengumpulkan data berupa sejarah lokasi penelitian dan lain-lain.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswakelas VI SD N 2 Sumber Agung Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten LampungTengah Tahun Pelajaran 2015/2016, hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasanhasil belajar siswa dalam siklus I sebesar 61,53% dan pada siklus II meningkatmenjadi 92,3%. Dalam hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I kesiklus II sebesar 30,77%. Meningkatnya hasil belajar siswa sebagai bukti bahwamodel make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam hal ini telahdiakui oleh guru bidang studi IPA kelas VI SD N 2 Sumber Agung KecamatanSeputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 11 May 2020 22:25 |
Last Modified: | 11 May 2020 22:25 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3012 |
Actions (login required)
View Item |