Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Al Quran Hadist Melalui Metode Drill Pada Peserta Didik Kelas V SDIT Al Muhsin Metrot.P 2015/2016

Syafiah, Nur Aini (2016) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Al Quran Hadist Melalui Metode Drill Pada Peserta Didik Kelas V SDIT Al Muhsin Metrot.P 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 23.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran di sekolah bertujuan untuk mengembangkanpotensi peserta didik dan mempersiapkan menghadapi masa depan yang lebihbaik. Sehubungan dengan hal tersebut, salah satu ukuran berhasil atau tidaknyakegiatan pembelajaran dapat dilihat dari kegiatan belajar dan hasil belajar yangdiperoleh siswa setelah mengikuti metode yang digunakan guru dalam prosespembelajarannya. Berdasarkan prasurvey di SDIT Al Muhsin diperoleh data yaiturendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist. Berdasarkanmasalah tersebut maka solusinya adalah penulis mengajukan menggunakanmetode drill.

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah penggunaan metodepembelajaran Driil dapat meningkatkan hasil belajar Qur’an Hadist siswa kelas VSDIT Al Muhsin Metro Tahun Pelajaran 2015/2016?. Adapun tujuan daripenelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa denganmenggunakan metode drill pada pelajaran Al-Qur’an Hadist siswa kelas V SDITAl Muhsin T.P 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa yang terdiridari 16 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki.

Penelitian yang digunakan disini adalah penelitian tindakan kelas (PTK)yang dilakukan 2 siklus dan masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap siklusmempunyai beberapa tahapan diantaranya, perencanaan,pelaksanaan, pengamatan,dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah denganmenggunakan metode observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Metodeanalisis data dalam penelitian ini adalah rumus presentase rata-rata.

Berdasarkan hasil analisis data, diketahui hasil belajar meningkat sebesar29% dari 57,15% pada siklus I menjadi 85,72% pada siklus II. Dari hasil analisisdata dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode drill dapatmeningkatkan hasil belajar Al-Qur”an Hadist siswa SDIT Al Muhsin T.P2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 11 May 2020 22:25
Last Modified: 11 May 2020 22:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3013

Actions (login required)

View Item View Item