Fariske, Dian Meylida (2013) Fenomena Kenakalan Siswa dan Alternatif Penanggulangannya dalam Proses Belajar Mengajardi MTS Sadar Sriwijaya Kecamatan Bandar Sri Bhawono Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi 27.pdf - Other Download (261kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa kenakalansiswa dapat menimbulkan kecemasan yang makin mendalam dari berbagai pihak yangberkepentingan khususnya Departemen Pendidikan Nasional, Pemerintah Daerah, Sekolah,dan para siswa serta seluruh masyarakat pada umumnya.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana cara menanggulangi kenakalan siswa di MTsSadar Sriwijaya ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untukmengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa dan untuk mengetahui cara menanggulangifenomena kenakalan siswa di MTs Sadar Sriwijaya Kecamatan Bandar SribhawonoKabupaten Lampung Timur.
Secara teoritis penelitian ini merupakan sumbangan pemikiran penulis dalammengembangkan teori-teori yang telah penulis dapatkan selama kuliah dan secara praktispenulis harapkan karya tulis ini dapat bermanfaat bagi pembacanya, khususnya bagi gurumaupun orang tua dalam menanggulangi kenakalan siswa.
Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam skipsi ini adalah dokumentasi,observasi dan interview. Metode dokumentasi dan interview digunakan untuk menggali datatentang subjek penelitian sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah.
Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) bahwafenomena kenakalan siswa di MTs Sadar Sriwijaya meliputi pelanggaran tata tertib sekolah,seperti tidak memasukkan baju, membolos, merokok, dan menyemir rambut. 2) Sedangkanfactor-faktor yang menyebabkan kenakalan siswa adalah factor pribadi dan sekolah.3)Alternatif penanggulangan kenakalan siswa dapat ditempuh dengan beberapa langkahdiantaranya siswa memerlukan bantuan orang lain yang dianggap lebih mampu dalam hal iniadalah guru BP. Pihak sekolah dalam menanggulangi kenakalan siswa dengandimaksimalkan secara penuh dalam artian fungsi guru tidak hanya sebagai pengajar sajatetapi juga memberikan pengawasan terhadap siswa selama kegiatan belajar mengajarberlangsung, juga kesadaran tata tertib sekolah ditanamkan pada siswa. Pihak sekolah jugamenjalin hubungan dengan masyarakat khususnya yang memiliki anak yang cenderungmenyimpang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 30 Apr 2020 09:38 |
Last Modified: | 30 Apr 2020 09:38 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3017 |
Actions (login required)
View Item |