Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pelaksanaan Advertising Dalam Upaya Penghimpunan Dana Tabungan Di Bank BNI Syariah KCP Bandar Jaya

Agustina, Tia (2016) Pelaksanaan Advertising Dalam Upaya Penghimpunan Dana Tabungan Di Bank BNI Syariah KCP Bandar Jaya. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 29.pdf - Other

Download (384kB) | Preview

Abstract

Bank BNI Syariah KCPS Bandar Jaya, adalah salah satu bank Syariah yang ada di Bandar Jaya Lampung Tengah. Aktivitas perbankan yang pertama adalah menghimpun dana masyarkat luas yang dikenal dengan istilah funding.1Selain itu, perbankan dituntut aktif dalam menawarkan produknya, tabungan, giro,dan deposito. Seperti kita ketahui simpanan dari masyarakat merupakan salah satusumber pendapatan bagi perbankan. Kemampuan bank dalam menangani masalah pemasaran, mencari dan menemukan peluang-peluang pasar akan mempengaruhi kelangsungan hidup perbankan dalam persaingan. Didalam keadaan ini pihak perbankan dituntut untuk lebih berperan aktif dalam mendistribusikan dan memperkenalkan produknya agar dapat mempengaruhi minat nasabah dalam memilih pproduk tabungan dengan melaksanakan pelaksanaan advertising (periklanan). Advertising adalah cara untuk mempromosikan produk atau jasa perbankan syariah yang dibiayai oleh sponsor terkenal dalam rangka untuk menarik calon nasabah guna meningkatkan pendanaan dari bank tersebut

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan advertising di BNI Syariah KCPS Bandar Jaya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah“pelaksanaan advertising dalam upaya penghimpunan dana tabungan dan meningkatkan nasabah menabung di bank BNI Syariah KCPS Bandar Jaya”. Penelitian ini dilakukan di bank BNI Syariah KCPS Bandar Jaya. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Manfaat penelitian ini yaitu untuk menjadi masukan bagi peneliti selanjutnya khususnya mengenai keberadaan advertising dalam mempromosikan penghimpunan dana tabungan.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan advertising di bank BNI Syariah KCPS Bandar Jaya belum berjalan efektif. Pelaksaan advertising hanya menggunakan media cetak yang berupa brosur dan pamphlet yang disebarkan pihak bank dan media internet seperti facebook, twitter dan website bank BNI Syariah KCPS Bandar Jaya. Pihak bank harus meningkatkan program promosi yang lebih efektif dan menggunakan media yang lebih terjangkau oleh masyarakat agar dapat meningkatkan jumlah nasabah menabung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 24 Apr 2020 09:37
Last Modified: 24 Apr 2020 09:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3019

Actions (login required)

View Item View Item