Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT)L-Risma Pekalongan Dalam Upaya Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah

Cahyadi, Robby (2016) Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT)L-Risma Pekalongan Dalam Upaya Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 33.pdf - Other

Download (344kB) | Preview

Abstract

Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT L-Risma) pekalongandalam upaya pemberdayaan usaha kecil dan menengah adalah denganmemberikan pembinaan dan pembiayaan susai dengan produk-produkpembiayaan yang telah disediakan, sehingga anggota dapat memilihproduk-produk pembiayaan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.BMT L-Risma merupakan lembaga keuangan mikro syariah yangterletak di Jl. Pahlawan Gantimulyo, Pekalongan Lampung Timur.Sebagaimana lembaga keuangan mikro syariah pada umumnya, Olehkarena itu, menarik untuk dikaji bagaimana upaya peningkatanaksesibilitas masyarakat terhadap pelayanan pada BMT L-RismaPekalongan.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan,yakni penelitian yang bertumpu pada data dilapangan.Adapun tehnik pengumpulan data yang digunakanadalah wawancara dan dokumentasi. Wawancaradilakukan kepada menejer, marketing landing,Accounting Officer, BMT L-Risma Pekalongan.Sedangkan dokumentasi dilakukan denganmendokumentasikan dokumen dan literatur yangberhubungan dengan materi penelitian. Sifat penelitianini adalah deskriftif, teknik ini digunakan untuk menganalisis datatentang beberapa fakta kongkrit yang bersifat khusus kemudian ditarikkesimpulan yang bersifat umum. Semua hal ini merupakan upayapemaparan bagaimana Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT L-Risma) Pekalongan dalam upaya pemberdayan usaha kecil danmenengah.

Setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa upaya yangdilakukan BMT L-Risma Pekalongan dalam pemberdayaan usaha kecildan menengah sudah dinilai cukup baik, hal ini dapat dilihat daripelayanan yang diberikan oleh coustomer service maupun accountingofficer telah memenuhi kriteria dasar-dasar dan standar pelayanan. Halini juga dapat dirasakan oleh anggota BMT L-Risma bahwa pelayananyang diberikan oleh BMT L-Risma telah memuaskan dan sesuaidengan harapan anggota. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 24 Apr 2020 09:37
Last Modified: 24 Apr 2020 09:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3023

Actions (login required)

View Item View Item