Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Sumbersari Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016

Setiya, Denny (2016) Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Sumbersari Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 34.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Sumbersari pada matapelajaran matematika yang rendah menjadi dasar pelaksanaanpenelitian ini, karena 52,38% dari total 21 siswa masih memilikinilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukanyaitu 62. Atas dasar itulah penulis berpendapat bahwadiperlukan adanya penelitian sebagai upaya untuk memperbaikinilai siswa yang rendah tersebut. Perbaikan hasil belajar siswamenggunakan metode pembelajaran yang dapat menambahpemahaman siswa, yaitu metode inkuiri. Metode inkuirimerupakan metode yang menekankan proses berpikir secarakritis untuk menemukan jawaban dari permasalahan yang dihadapi. Langkah pembelajaran metode inkuiri ini diawalidengan memberikan suatu soal yang baru bagi siswa kemudiansiswa diberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapatmenuntunnya pada cara untuk menyelesaikan soal yangdiberikan.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelasyang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga pertemuanpada tiap siklusnya dengan subjek penelitian sebanyak 21 siswa.Tahap penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi.

Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan databerupa observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar, denganinstrumen penilaian yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar.Tekhnik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatifberupa nilai hasil tes siswa dan data kualitatif berupa aktivitasguru.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapanmetode inkuiri ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Halitu ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata hasil belajarsiswa sebesar 83,8 pada siklus I menjadi 94,04 pada siklus II.Peningkatan juga terjadi terhadap jumlah siswa yang tuntas hasilbelajarnya, yaitu yang pada awal observasi ketuntasan siswa47,62% menjadi sebanyak 80,95% pada siklus I kemudian padasiklus II meningkat lagi menjadi 100% dari jumlah siswa. Hal inimenunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapatmeningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 24 Apr 2020 09:37
Last Modified: 24 Apr 2020 09:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3024

Actions (login required)

View Item View Item