Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Tantangan dan Strategi Bank dalam Mencari Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Bandar Jaya)

Prayoga, Andi (2015) Tantangan dan Strategi Bank dalam Mencari Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Bandar Jaya). Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Tugas Akhir 1.pdf - Other

Download (449kB) | Preview

Abstract

Keberadaan bank sebagai lembaga keuangan di kota Bandar Jaya, baik
konvensional maupun syariah, menimbulkan persaingan di antara bank-bank
tersebut. Oleh karenanya setiap Bank pasti akan menghadapi beberapa tantangan
dan harus memiliki strategi untuk memasarkan produk perbankan yang
dimilikinya. Tantangan adalah sesuatu yang harus di hadapi sedangkan strategi
adalah cara yang telah direncanakan dan disusun sedemikian rupa untuk
menghadapi tantangan guna mempermudah suatu perusahaan mendapatkan laba
dan kelangsungan usahanya. Salah satu Bank di kota Bandar Jaya adalah PT.
Bank Muamalat Indonesia, Tbk, KCP Bandar Jaya dan merupakan Bank Syariah
pertama di Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tantangan-tantangan yang
dihadapi oleh BMI KCP Bandar Jaya dan strategi yang di gunakan dalam rangka
menghadapi tantangan tersebut guna meningkatkan jumlah nasabah di BMI KCP
Bandar Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, pengumpulan data
dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
pendekatan kualitatif dengan cara berfikir induktif. Penelitian ini berangkat dari
fakta lapangan untuk di generalisasikan berdasarkan teori teori yang ada.
Setelah dilakukan penelitian, tantangan yang dihadapi oleh BMI KCP
Bandar Jaya adalah nasabah,pesaing, bagi hasil, kualitas pelayanan yang di
berikan kepada masyarakat, lokasi dan kondisi kantor. Untuk mengatasi tantangan
tersebut guna meningkatkan jumlah nasabah BMI KCP Bandar Jaya
menggunakan strategi seperti strategi produk,strategi harga, strategi saluran
distribusi atau tempat, strategi promosi yang meliputi periklanan, personal
selling,promosi penjualan, publisitas, dan strategi people.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 14 Apr 2020 00:29
Last Modified: 14 Apr 2020 00:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3047

Actions (login required)

View Item View Item