Yusnita, . (2015) Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Tulungjaya Kecamatan Sukadana Lampung TimurTahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Erni Yusnita 1180645 (IAIN Metro).pdf - Other Download (325kB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran disekolah bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa dan mempersiapkan menghadapi masa depan yang lebih baik. salah satu ukuran berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar dapat dilihat dari pemahaman dan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti model pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran dikelas.
Rumasan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah penggunaan media gambar pada mata pelajaran IPS materi Kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam pada semester genap dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Tulungjaya Kecamatan Sukadana Lampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajr siswa kelas IV dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS MI Miftahul Ulum Tulungjaya Sukadana.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Tulungjaya Sukadana dengan jumlah 16 siswa pada mata pelajaran IPS dengan materi Kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus persentase.
Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa dengan menggunakan media gambar, aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, berdasarkan observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 62,8% pada siklus II mencapai 72,2% mengalami peningkatan sebesar 12,4% dan berdasarkan tes hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 62% pada siklus I dan 86% pada siklu II mengalami peningkatan sebesar 24%. Dari analisis dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV MI Miftahul Ulum Tulungjaya Sukadana Tahun Pelajaran 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 06 Apr 2020 12:41 |
Last Modified: | 06 Apr 2020 12:41 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3054 |
Actions (login required)
View Item |