Pangestika, Marzelly (2016) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Untoro Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
MARZELLY PANGESTIKA 1290375 (IAIN Metro).pdf - Other Download (705kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar merupakan suatu perubahan yang terjadi pada diri seseorang setelah melakukan proses pembelajaran yang diperoleh siswa yang berupa nilai dari mengerjakan tes. Hubungan yang tidak sinergi antara komponen tersebut menyebabkan proses pembelajaran tidak mengacu pada cara belajar yang aktif. Hal ini menyebabkan aktivitas belajar siswa menurun sehingga hasil belajar yang diperoleh rendah. Berdasarkan prasurvey di SD Negeri 1 Untoro Kabupaten Lampung Tengah pada mata pelajaran matematika diperoleh data yaitu masih banyak siswa yang kurang memperhatikan guru dalam menjelaskan materi pelajaran, karena model pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi kurang bervariasi hanya berpaku pada model picture and picture yang itu hampir sama dengan media gambar. Berdasarkan masalah tersebut maka solusinya adalah penulis mengajukan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT).
Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together adalah pembelajaran yang dilakukan secara kelompok dimana masing- masing kelompok diberi nomor. Adapun tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together pada Mata Pelajaran Matematika di kelas V SDN 1 Untoro Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Untoro dengan jumlah siswa 28 yang terdiri 17 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Analisis data menggunakan rumus rata-rata.
Dari hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 1
Untoro. Rata-rata persentase hasil postes siklus I yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah sebesar 67,8% dan pada siklus II sebesar 92,8%. Sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 36,8%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 06 Apr 2020 12:42 |
Last Modified: | 06 Apr 2020 12:42 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3062 |
Actions (login required)
View Item |