Komalasari, Yesi (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata PelajaranPkn Kelas Iv Sdn 2 Karyamukti Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
YESI KOMALASARI (IAIN Metro).pdf - Other Download (750kB) | Preview |
Abstract
Tujuan pembelajaran adalah tercapainya target penguasaan materi yang disampaikan guru kepada siswa dan indikator pencapaian target tersebut adalah hasil belajar siswa akan baik dan meningkat apabila didalam proses pembelajaran terjadi interaksi aktif antara guru dan siswa. Interaksi tersebut akan timbul apabila ada respon baik yang timbul dari siswa. Belajar yang baik harus timbul dari keinginan siswa sendiri. Hal ini akan terjadi apabila siswa merasa senang terhadap pelajaran yang disampaikan. Dari hasil observasi di SDN 2 Karyamukti, umpan balik dari siswa pada proses pembelajaran belum optimal dan masih rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran PKn. Berdasarkan masalah tersebut maka diajukan upaya perbaikan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 2 Karyamukti Tahun Pelajaran
2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD N 2 Karyamukti Tahun Pelajaran 2015/2016.
Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan lembar soal untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan rumus peningkatan hasil belajar, interprestasi skala aktivitas belajar dan N-Gain.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Karyamukti terhadap materi globalisasi dan kebudayaan
Indonesia pada era globalisasi pada siklus I hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 71,43% pada siklus II mencapai 95,24%. Dilihat dari skor N-Gain pada siklus I sebesar 0,13% dan siklus II 0,32%, hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 0,19% dengan kategori N-Gain score sedang. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Saiful Manaf M.Pd.I |
Date Deposited: | 06 Apr 2020 12:42 |
Last Modified: | 06 Apr 2020 12:42 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3065 |
Actions (login required)
View Item |