Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model CTL Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 2 Nambahrejo Kota Gajah Tahun Pelajaran 2015/2016

Hidayati, Novita (2016) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model CTL Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 2 Nambahrejo Kota Gajah Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
NOVITA HIDAYATI 1290485.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu tugas guru.Dalam upaya mewujudkan hal tersebut, maka guru diharapkan mampu memilih dan menerapkanmodel pembelajaran yang dapat memberdayakan dan menggali bakat, minat serta potensi siswa.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model ContextualTeaching Learning (CTL)dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN2 Nambahrejo Kec. Kota Gajah KabupatenLampung Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuanpenelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Nambahrejo Kec. Kota GajahKabupaten Lampung Tengah melalui penerapan model CTLpada mata pelajaran IPATahun Pelajaran2015/2016.Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data diperoleh dari datakuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi.Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.

Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasanbelajar siswa pada siklus I sebesar 67% dan siklus II sebesar 87,5%, mengalami peningkatan darisiklus I ke siklus II sebesar 20,5%. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihatdari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 64,38%dan siklus II 84,66%, mengalamipeningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 20,28%. Dari analisis data dapat dipahami bahwa modelCTL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 01 Apr 2020 03:24
Last Modified: 01 Apr 2020 03:24
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3070

Actions (login required)

View Item View Item