Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Tipe Two Stay Two Stray Bagi Siswa Kelas V Semester Ganjil SDN 2 Restu Baru Kec. Rumbia Tp. 2015/2016

Setiawandari, Harsih (2016) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Tipe Two Stay Two Stray Bagi Siswa Kelas V Semester Ganjil SDN 2 Restu Baru Kec. Rumbia Tp. 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
097.Tar.16 IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, pada intinyatidak terlepas dari ide kreativitas guru dalam proses pembelajaran, baik dalammenelaah dan mengembangkan kurikulum. Selain penggunaan media,penggunakan model pembelajaran juga harus disesuaikan dengan materi yangakan diajarkan. Hal ini agar materi yang diajarkan mudah dipahami siswa dantujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai.

Pada kenyataannya tujuan pembelajaran seringkali tidak tercapai karenakesulitan siswa dalam memahami penjelasan dari guru. Hal ini sebagaimanadijumpai pada siswa kelas V SD Negeri 2 Restu Baru Kec. Rumbia. Siswa kurangaktif bertanya kepada guru dalam proses pembelajaran, siswa kurang diberilatihan-latihan soal sebagai tugas, dan kurangnya perhatian siswa ketika gurumenjelaskan materi ajar. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini ialahmengggunaan model pembelajaran kooperatif melalui tipe Two Stay Two Straydalam proses belajar mengajar.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah “Apakahpenggunaan tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar pada matapelajaran matematika siswa kelas V semester genap di SD N 2 Restu Baru Kec.Rumbia tahun ajaran 2015/2016?” Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untukmeningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika setelahmenggunakan tipe Two Stay Two Stray pada siswa kelas V semester genap SD N2 Restu Baru Kec. Rumbia tahun ajaran 2015/2016.

Dari hasil analisis yang penulis lakukan menunjukkan hasil belajar siswamengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Hasil belajar siswa yangdiperoleh dengan ketuntasan 45,45% pada Siklus I dan 77,27% pada Siklus II.Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 31,82%. Berdasarkanhasil penelitian tindakan kelas yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkanbahwa penggunaan tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajarsiswa kelas V SD Negeri 2 Restu Baru Kec. Rumbia pada mata pelajaranMatematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Apr 2020 06:14
Last Modified: 08 Apr 2020 06:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3105

Actions (login required)

View Item View Item