Kurniasih, Dedeh (2016) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Siswa di SMK Ganesa 1 Sekampung. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
093.Tar.16 IAIN Metro.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan agama Islam sangat penting bagi peserta didik dimana pertumbuhan dan perkembangan peserta didik sangat memerlukan tuntunan, bimbingan dan dorongan serta pengarahan agar anak dapat menguasai dan mengamalkan ajaran Islam secara utuh. Olehkarena itu pihak sekolah benar-benar menyeleksi kemampuan guru dalam mengajar sehingga nantinya akan menghasilkan siswa/siswi yang berkompeten, berilmu dan bertaqwa. Peran guru PAI sangat penting dan berpengaruh dalam mengimplementasikan pendidikan karakter sehingga terbentuk sekolah yang berkarakter baik.
Pertanyaan penelitian adalah bagaimana peranan guru, karaktersiswa, upaya Guru PAI dan peranguru PAI dalam mengimplementasikan pendidikan karakter siswa di SMK Ganesa 1 Sekampung. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui upaya guru PAI mengimplementasikan pendidikan karakter siswa dan untuk mengetahui peranan guru PAI dalam mengimplementasikan pendidikan karakter siswa di SMK Ganesa 1 Sekampung. Manfaatpenelitian ini bagi guru agar senantiasa meningkatkan tanggung jawab dan kualitas kinerja guru dalam proses belajar mengajar, bagi siswa untuk lebih meningkatkan semangat belajar dan selalu berperilaku yang sopan agar karakter siswa terbentuk dengan baikdan bagi penulis penelitian ini diharapkan menjadi informasi yangberharga dalam rangka lebih memahami akan fungsi sebagai seorang guru yang dituntut Professional dalam proses belajar mengajar. Untuk mendapatkan data-data dalam penelitian ini, digunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif.
Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancarayang penulis lakukan, maka dapat dijelaskan bahwa peran guru PAI dalam mengimplementasikan pendidikan karakter siswa di SMK Ganesa 1Sekampungdapat dikatakan baik yaitu guru menguasai materi pembelajaran, guru selalu membimbing dan mendidik siswa agar siswa mempunyai perilaku yang baik serta mampu menjalankan shalat secara berjama’ah namun masih terdapat siswa yang mempunyai sifat yang menyimpang contohnya selalu meremehkan guru, tidak mempunyai sopan santun pada saat proses pembelajaran, rendahnya perilaku siswaini berasal dari luar diri siswawalaupun sarana dan prasarana belajar tersedia dengan baik dan ditunjang oleh kemampuan guru dalam mengajar, akan tetapi kurang berpengaruh terhadap pendidikan karakter siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 08 Apr 2020 06:11 |
Last Modified: | 08 Apr 2020 06:11 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3106 |
Actions (login required)
View Item |