Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Akhlak Peserta Didik di SMP Negeri 3 Way Jepara Lampung Timur

Sugiyarti, Ninik (2020) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Akhlak Peserta Didik di SMP Negeri 3 Way Jepara Lampung Timur. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS NINIK SUGIYARTI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Faktor yang mempengaruhi terbentuknya akhlak siswa adalah pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pola Asuh Orang tua. Dengan adanya pendidikan agama islam yang diberikan disekolah diharapakan peserta didik akan mengetahui nilai-nilai agama sebagai landasan hidup mereka. Selain mendapatkan pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah, pengawasan dan pola asuh yang baik dan optimal dari orangtua akan membentuk prilaku disiplin kejujuran dan ketekunan sehingga siswa akan mencerminkan akhlak yang baik.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: adakah pengaruh antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak peserta didik, adakahpengaruh pola asuh orangtua terhadap akhlak peserta didik, dan adakah pengaruh antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pola asuh orangtua terhadap akhlak peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap akhlak peserta didik, untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua terhadap akhlak, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pola asuh orangtua dan terhadap akhlak peserta didik.Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan variabel bebas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pola asuh orang tua, variabel terikat akhlak peserta didik. Populasi sebanyak 238 siswa dengan sampel yang digunakan yaitu 47 siswa. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Regresi linear berganda.Hasil penelitian dalam pembahasan dapat disimpulkan bahwauji F diketahui bahwa Fhit yaitu 12,447 sedangkan Ftab dengan taraf signifikan 5% yaitu 3.19 Setelah dibandingkan Fhit dengan Ftab diketahui bahwa Fhit > Ftab atau 12,447 > 3,19 yang berarti Ho ditolak. Kemudian nilai sig. dari perhitungan di atas yaitu, 0,000 < 0,05 dengan keputusan Ho ditolak.

Besarnya pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islamdan pola asuh orangtua terhadap akhlak peserta didik yang dihitung dengan regresi berganda adalah 0,601 hal ini menunjukan pengaruh yang cukup. Sedangkan konstribusi sumbangan secara simultan variabel pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pola asuh orangtua dapat dilihat dari R Square sebesar0,361 yang berarti hanya 36,1%, Kemudian probabilitas (sig. F Change) = 0,000 < 0,05 maka keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikanantara pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pola asuh orangtua terhadap akhlak siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Apr 2020 07:48
Last Modified: 09 Apr 2020 02:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3109

Actions (login required)

View Item View Item