Munir, Ridwan Misbakhul (2016) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
086.Tar.16 IAIN Metro.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kepribadian guru berpengaruh terhadap disiplin siswa.Kondisi ini dikarenakan belajar bukan hanya menghasilkan perubahan pengetahuan tetapi juga membawa perubahan pada sikap atau perilaku berupa disiplin. Kecenderungan perilaku individu yang berpengaruh terhadap siswa adalah perilaku individu yang sering dilihatnya apalagi yang dilihat adalah guru. Terwujudnya tujuan pendidikan membutuhkan dukungan dan penguatan dengan adanya kepribadian guru yang dapat dicontoh. Kepribadian guru dapat menjadi modal bagi siswa dalam mengidentifikasi dan menghayati nilai-nilai mulia dalam dirinya, sekaligus mendorong terbentuknya perilaku mulia.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaituApakah ada pengaruhkompetensi kepribadian guru PAI terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII SMP N 7 Metro ?.Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap kedisiplinan siswa kelas VIII SMP N 7 Metro.Hipotesis yang diajukan adalah hipotesis alternatif (ha), yaitu: adaKompetensi kepribadian guru PAI berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Metro tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelasVIII A dan VIII B SMP N 7 Metro yang berjumlah 57 orang.Pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, observasi. Analisis data menggunakan rumus product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru PAI berpengaruh terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Metro. Hal ini terbukti dari hasil analisis data menunjukkan dari nilai rxysebesar 0,775 yang lebih besar dari harga r tabel. Harga r tabel dengan df= n –r, atau 57 –2 = 55 pada taraf kesalahan 5% sebesar 0,266. Dengan hasil tersebut diketahui bahwa rxysebesar 0,775 lebih besar dari r tabel pada taraf kesalahan 5% 0,775 > 0,266. Dari uji signifikansi menggunakan uji t diperoleh harga t hitungsebesar9,094. Setelah dibandingkan dengan harga t tabel pada taraf kesalahan 5% dengan dk= n –2 = 55, diperoleh harga t tabel sebesar 2,004. Sehingga Ha dalam penelitian ini diterima, dengan kesimpulan bahwa kompetensi kepribadian guru PAI berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 08 Apr 2020 05:59 |
Last Modified: | 08 Apr 2020 05:59 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3111 |
Actions (login required)
View Item |