Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fiqih Santri Pondok Pesantren Riyadlatul‘Ulum 39b Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016

Setyowati, Eni (2016) Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fiqih Santri Pondok Pesantren Riyadlatul‘Ulum 39b Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
085.Tar.16 IAIN Metro.pdf - Other

Download (959kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran fiqih merupakan salah satu bagian mata pelajaran pendidikan agama Islam yang membahas tentang cara-cara manusia melaksanakan ibadah kepada Allah SWT dan mengatur kehidupan manusia serta alam sekitarnya. Pentingnya memahami fiqih yakni berguna dalam memberi pemahaman tentang berbagai aturan secara mendalam dan rinci mengenai hak dan kewajiban dalam bermasyarakat, mengetahui hukum-hukum bagi orang yang melanggar ketentuan ajaran Islam.Berdasarkan hasil prasurvey melalui observasi dan wawancara diketahui bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran fiqih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Sedangkan dari hasil tes langsung pada materi wudhu dan tayamum, ditemukan bahwa masih terdapat santri yang memperoleh nilai kurang. Berdasarkan hal tersebut dapat diangkat sebuah rumusan masalah Apakah ada pengaruh penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar fiqih santri Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum 39B Batanghari LampungTimur Tahun Pelajaran 2015/2016.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi teradap hasil belajar fiqih santri Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum 39 B Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. sedangkan hipotesis yang diajukan dalam hal ini adalah “ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode demonstrasi terhadap hasil belajar fiqih santri Pondok Pesantren Riyadlatul Ulum 39 B Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh santri kelas Ibtida’ Awal pada Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum yang terdiri atas 80 orang yang kesemuanya menjadi sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode test, dokumentasi, dan observasi. Kemudian dalam menganalisa data digunakan rumus t-test menggunakan bantuan progam SPSS 16.

Berdasarkan hasil pengolahan dan analisa data hasil penelitian melalui uji t-test melalui program SPSS 16, diperoleh hasil bahwa tingkat signifikan yang dihasilkan adalah 0,000 <0,05, hal ini mempunyai arti bahwa hipotesis yang penulis ajukan yaitu ada pengaruh pada penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar fiqih santri Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Apr 2020 05:57
Last Modified: 08 Apr 2020 05:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3112

Actions (login required)

View Item View Item