Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Cooperativetipe TQ(Team Quiz) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 02 Batanghari Tahun Pelajaran 2015/2016

Arifah, Afni (2016) Penerapan Model Pembelajaran Cooperativetipe TQ(Team Quiz) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 02 Batanghari Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
084.Tar.16 IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil prasurvei peneliti, pada hasil ulangan semester genap mata pelajaran PAI kelas VIII SMP Negeri 02 Batanghari Tahun Pelajaran 2015/2016terdapat beberapa siswa yang belum tuntas KKM karena proses pembelajarannya masih menggunakan metodepembelajaranyang kurang menunjang hasil belajarsiswa karena guru masih menggunakan metode ceramah. Dari hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah penerapanmodel pembelajaran cooperativetipe TQ(Team Quiz)dapat meningkatkan hasil belajar peserta didikpada mata pelajaran PAIkelas VIII SMP Negeri 02 Batanghari Tahun Pelajaran 2015/2016?”

Mengacu masalah tersebut diatas, penulis berusaha unuk meningkatkan hasil belajarsiswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe TQ (Team Quiz),pada sub pokok bahasan beriman kepada kitab-kitab Allah dan beriman kepada Rasul-rasul Allah. Pada pembelajaran siswa akan terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus, tahap-tahapnya adalah perencanaaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Batangharipada mata pelajaran PAIdengan Model pembelajaran tipe TQ (Team Quiz)di kelas VIIIsemester ganjil SMP Negeri 02 Batangharitahun pelajaran 2015/2016.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran menggunakan MetodePembelajaran TQ(Team Quiz)dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Batanghari pada mata pelajaran PAI TP.2015/2016, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar di tiap-tiap siklus, dimana pada siklus I siswa yang memenuhi ketuntasan belajar sebesar 53% dan pada siklus II meningkat sebesar 88%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Apr 2020 05:54
Last Modified: 08 Apr 2020 05:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3113

Actions (login required)

View Item View Item