Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kompetensi Profesional Pendidik Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPA Al-Ikhlas Desa Karangrejo Kecamatan Metro Utara Tahun 2016

Mustofa, Firmansyah (2016) Pengaruh Kompetensi Profesional Pendidik Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPA Al-Ikhlas Desa Karangrejo Kecamatan Metro Utara Tahun 2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
083.Tar.16 IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Memiliki anak yang mampu membaca AL-Qur’an merupakan keinginansetiap orangtua. Dalam belajar membaca AL-Qura’an tidak dapat dipelajari secarasendiri, karena dalam membacanya terdapat tata caranya meliputi ilmu tajwid,makhrajal huruf, mewaqofkan dan mewasalkan. Maka peran pendidik sangatpenting untuk dapat mengarahkan anak agar mampu membaca AL-Quran denganbenar.

Mengarahkan santri untuk dapat membaca AL-Qur'an secara baikmembutuhkan suatu ketrampilan khusus atau keahlian dalam keguruan, yaknimeliputi kompetensi yang dimiliki. Kompetensi profesional pendidik merupakansuatu kompetnsi yang mengharuskan pendidik untuk dapat menguasai pelajaranyang akan diajarkan, dapat mengelola kelas dengan baik, mengevaluasi hasilbelajar, dan lain- lain yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar. Sehinggadengan kompetensi tersebut pendidik dapat melakukan perannya secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidakPengaruhKompetensi Profesional Pendidik terhadap kemampuan membaca AL-Qur’ansantri TPA AL-IKHLAS Desa Karangrejo Kecamatan Metro Utara Tahun2015/2016. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket,tes lisan, dan observasi, angket digunakan untuk memperoleh data tentangkompetensi profesional pendidik, tes lisan digunakan untuk memperoleh datatentang kemampuan membaca AL-Qur’an,dan observasi yang dilakukan penelitidigunakan untuk memperkuat data tentang kompetensi profesional pendidik.Selanjutnya pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis Chi kuadrad (x2). Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: Chi kuadrad (x2) hitung lebih besardari Chi kuadrad (x2) tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%, yaitu:9,488<14,04>13,227. Dengan demikian dapat diketahui bahwa HipotesisAlternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak.

Berdasarkan penghitungan dengan menggunakan Chi kuadrad (x2)tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kompetensiprofesional pendidik terhadap kemampuan membaca AL-Qur’an santri TPA AL-IKHLAS Desa Karangrejo Kecamatan Metro Utara. Hasil penelitian tersebutdiharapakan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihakterutama pendidik, orangtua dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 08 Apr 2020 05:50
Last Modified: 08 Apr 2020 05:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3114

Actions (login required)

View Item View Item