Saleh, Mukmin (2020) Pengaruh Konsep Diri dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI di SMA Darusy Syafa’ah Kotagajah Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.
|
PDF
MUKMIN SALEH 1706661 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (4MB) | Preview |
Abstract
Proses belajar mengajar adalah hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar, untuk sebagian adalah berkat tindak guru,dan tindak mengajar diakhiri dengan proses evaluasi belajar suatu pencapaian tujuan pengajaran.prilaku peserta didik tersebut akan menunjukkan ketidak mampuan seseorang yang telah tertanam dalam waktu yang relatif lama sehingga memberikan ciri dalam aktivitas belajar yang dilakukannya.Pencapaian hasilbelajar peserta didikakan dipengaruhioleh beberapa faktor, diantaranya faktor individunya sendiri,faktor keluarga,faktor sekolah.Ketiga faktor iniakanbekerja sama membentukseoranganakuntukberprestasidi sekolahnya, kemampuan belajar peserta didik sangat menentukan keberhasilannya dalam proses belajar, banyak faktor yang mempengaruhiyaitu motivasi, sikap, minat, kebiasaan belajar dan konsep diri.Penelitianinibertujuanmendeskripsikan:1) Apakah ada pengaruh konsep diri dengan hasil belajar PAIpeserta didik SMA Darusy Syafa'ah2)Apakah ada pengaruh kebiasaan belajar dengan hasil belajar PAIpeserta didik SMA Darusy Syafa'ah3) Apakah ada pengaruh konsep diri dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar PAIpeserta didik SMA Darusy Syafa'ah.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sifat penelitian ini penelitian deskriptif bertujuan berusaha memberikan dengan sistematis. Populasi adalah jumlah keseluruhan dari unit analisis (subjek) yang ciri-cirinya akan diduga, Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi. Teknikpengumpulandatanya Angket, wawancara dan dokumentasi. analisis data dalam suatu proses pengolahan datanya dilakukan melalui program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa.1) Ada pengaruh signifikan antara konsep diri terhadaphasil belajar pendidikan agama Islam konstanta dan koefisien persamaan regresi linear diperoleh dari kolom B, sehingga persamaan regresi: Ỳ= 75.268 + 0.306 X1, dari hasil analisis diperoleh t hitung = 2.262 dan p-value = 0,00 < 0,05,2)Ada pengaruhsignifikan antara kebiasaan belajar terhadaphasil belajarpendidikan agama Islamkonstanta dan koefisien persamaan regresi lineardiperoleh dari kolom B, sehingga persamaan regresi: Ỳ= 75.268 + 0,248 X2, dari hasil analisis diperoleh t hitung = 2.208 dan p-value = 0,00 < 0,05 sehingga disimpulakan bahwa pengaruh kebiasaan belajar dan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam.3) Hasil analisis seperti disajikan pada tabel menunjukkan harga statistik untuk koefisien variabel yaitu harga statistik untuk koefisien variabel X1 yaitu t hit = 2.262 dan p-value = 0,027/2 = 0,000 < 0,05. Selanjutnya harga statistik untuk koefisien variabel X2 yaitu t hit = 2.208 dan p-value = 0,030/2 = 0,002 < 0,05yang bermakna konsep diridan kebiasaan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar PAI peserta didik di SMA Darusy Syafa’ah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pascasarjana |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 09 Apr 2020 02:44 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 02:44 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3115 |
Actions (login required)
View Item |