Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pembiasaan Shalat Berjamaah Dalam Peningkatan Akhlak Peserta Didik di Madrasah Aliyah At-Thohiriyah Suka Jawa Kecamatan Bumiratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah

Hasanah, Nur (2020) Pembiasaan Shalat Berjamaah Dalam Peningkatan Akhlak Peserta Didik di Madrasah Aliyah At-Thohiriyah Suka Jawa Kecamatan Bumiratu Nuban Kabupaten Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS NUR HASANAH NPM. 1706711 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ibadah kepada Allah SWT merupakan suatu hal yang sangat penting, dan inti ajaran Islam pada garis besarnya berisi aqidah, syariah dan akhlak. Salah satu ibadah yang sangat penting ialah shalat, shalat memiliki kedudukan yang sangat istimewa.Shalat adalah ketetapan waktu pelaksanaannya dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah mempunyai nilai disiplin yang tinggi bagi yang mengamalkannya.Shalat adalah bentuk ibadah yang paling agung karena amal yang pertama kali yang ditanya nanti dihari kiamat adalah shalat. Kebiasaan mengerjakan shalat secara berjamaah diharapkan peserta didik akan mengerti bahwa shalat itu merupakan keharusan bagi setiap orang Islam.Shalat pada hakekatnya merupakan sarana terbaik untuk mendidik jiwa dan memperbaharui semangat dan sekaligus sebagai penyucian akhlak.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:1) Penerapan pembiasaan Shalat Dhuha dan Dzuhur berjamaah dalam peningkatan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah. 2)Faktor-faktor pendukung pembiasaan Shalat Dhuha dan Dzuhur berjamaah dalam peningkatan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah. 3) Strategi pembiasaan Shalat Dhuha dan Dzuhur berjamaah dalam peningkatan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu bentuk penelitian yang ditunjukkan untuk menjelaskanfenomena yang ada. Sumber data dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling, yaitu penarikan sampel lebih representatif baik ditinjau dari segi pengumpulan data maupun dalam pegembangan data. Teknikpengumpulandatanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan .1) Pembiasaan Shalat Dhuha dan Dzuhur berjamaah dalam peningkatan akhlak peserta didik, yaitu membimbing peserta didik kearah prilaku yang baik dan untuk membentuk peserta didik yang berakhlakulkarimah seorang guru harus memberikan pembisaaan-pembisaaan melalui kegiatan keagamaan, terlebih guru bidang keagamaan dan harus mampu menjadi contoh bagi para peserta didiknya, baik di lingkungan madrasah maupun di luar madrasah. 2) Faktor pendukung pembiasaan Shalat Dhuha dan Dzuhur berjamaah dalam peningkatan akhlak peserta didik yaitu fasilitas masjid, sajadah dan pengeras suara, guru-gunya yang alim (ahli agama), faktor lingkungan sekitar madrasah ikut mendukung. 3). Strategi pembiasaan Shalat Dhuha dan Dzuhur berjamaah dalam peningkatan akhlak peserta didik yaitu penerapan pembiasaan, penerapan keteladanan, motivasi dan hukuman merupakan strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan akhlakul
karimah peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 09 Apr 2020 02:44
Last Modified: 09 Apr 2020 02:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3116

Actions (login required)

View Item View Item