Latifah, Nur (2020) Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Praktik Sholat Fardhu Pada Siswa Sd Negeri 3 Mengandungsari Kecamatan Sekampung Udik. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Nur Latifah. 1501010096-1 - Nur Latifah.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kegiatan belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan yang melibatkan dua pelaku aktif yaitu guru dan siswa. Salah satu faktor penting yang menunjang keberhasilan dalam pembelajaran adalah Metode Belajar. Metode belajar merupakan salah satu cara yang digunakan dalam menyampaikan sesuatu gagasan, pemikiran atau wawasan yang disusun secara sistematik dan terencana. Metode pengajaran memiliki kedudukan yang amat strategis dalam mendukung keberhasilan pengajaran. Melalui metode pengajaran, mata pelajaran dapat disampaikan secara efesien, efektif dan terukur dengan baik, sehingga dapat dilakukan perencanaan dan perkiraan dengan tepat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penggunaan metode demonstrasiterhadap kemampuan praktik shalat fardhu siswa di SD Negeri 3 Mengandungsari.
Penelitian ini bersifat kuantitatif. Dlam penelitian ini terdapat dua variable, variabel bebasdan varibel terikat. Variable bebasdalam penelitian ini adalah Metode Demonstrasidan variabel terikatnya adalah kemampuan shalat siswa.Anggota populasi penelitian ini adalah seluruhsiswa-siswi di SD N 3 Mengandungsari yang berjumlah 180 siswa-siswi. Sampel pada penelitian ini adalah kelas v dengan jumlah sampel 31 siswa-siswi. Teknik pengambilan sampel menggunakanteknik Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Pengujian instrumen dilakukan dengan uji validitas, reliabilita dngan menggunakan aplikasi spss. Teknik penelitian dianalisis menggunakan product momentdan dianalisis secara statistik menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dan uji linieritas dan dianalisis dengan menggunakan uji t dengan bantuan aplikasi SPSS versi 16.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: ada pengaruh antara penggunaan metode demonstrasiterhadap kemampuan praktikshalat siswa. Setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan rumus korelasi Person Produk Moment diperolehnilai korelasi 0,571 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan metode demonstrasi dengan kemampuan shalat. Sedangkan berdasarkan uji t diperoleh nilaithitungsebesar 52,595 >ttabelsebesar 2,048 artinya thitung lebih besar dari ttabel, dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 artinya nilai signifikan lebih kecil dari 0,05sehingga dalam penelitian ini hipotesisi alternatif (Ha) diterima dan (H0) di tolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 09 Apr 2020 02:45 |
Last Modified: | 09 Apr 2020 02:45 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3118 |
Actions (login required)
View Item |