Meisyaroh, Tuti (2020) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa SMP N 2 Kotagajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
TUTI MEISYAROH NPM. 1501010225.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Peranan guru PAI dalam pembelajaran BTQ sangatlah penting bagi peserta didik. Sebagai tugas dan tanggung jawab seorang pembimbing harus mengetahui karakter peserta didik. Berkenaan dengan ini peranan guru PAI merupakan lembaga pertama yang mengajarkan, mencotohkan dan membinaan bagi peserta didik. Membaca Al-Quran adalah suatu ibadah yang sangatlah jarang di baca oleh anak-anak pada zaman sekarang.
Peran guru PAI mempunyai dua faktor yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor pendukung peranan Guru PAI yaitu meliputi orang tua, guru PAI, sedangkan faktor penghambat peranan Guru PAI yaitu media elektronik (Handphone), dan berteman dengan anak yang nakal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa serta untuk mengetahui metode-metode guru PAI dalam meningkatkan membaca Al-Quran siswa.
Jenis penelitian ini bersifat kualitatif lapangan yang menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan secara umum bahwa peranan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran sudah berjalan cukup baik dengan menerapkan beberapa metode sebagai berikut : 1. Apreding yaitu pengelompokan antara siswa yang sudah bisa membaca Al-Quran dan yang belum sama sekali bisa membaca Al-Quran. 2. Guru PAI sebagai pembimbing harus selalu mengawasi peserta didiknya ketika BTQ berlangsung. 3. Memberikan materi dari yang termudah ke yang tersulit. Faktor pendukung peranan guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran yaitu orang tua dan guru PAI. Sedangkan Faktor Penghambat Peranan Guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran yaitu media elektronik dan teman-teman yang nakal. Peranan yang di lakukan oleh guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran siswa SMP N 2 Kotagajah, telah berjalan dengan baik dan bisa dikatakan telah berhasil dalam menjalankan program-program baru. Hal ini terbukti bahwa sebagian siswa sudah mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar seperti: mengetahui huruf-huruf hijaiyyah, mampu membedakan panjang pendeknya suatu bacaan, dan pelajaran ilmu tajwid lainnya, serta sedikit demi sedikit mereka dapat mengamalkannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 14 Apr 2020 00:28 |
Last Modified: | 14 Apr 2020 00:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3125 |
Actions (login required)
View Item |