Sari, Ofika Indah Wulan (2016) Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Dalam Film Kartun Upin Dan Ipin (Seri pertama Tahun 2007 dan Seri Kedua Tahun 2008 ). Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
022.Tar.16 IAIN Metro.pdf - Other Download (469kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan yang utama yakni pendidikan akhlak, pendidikan akhlak berupa penanaman nilai-nilai akhlak. Untuk memberikan pendidikan akhlak padaanak, sumber pendidikantidak hanya didapat dari seoarang pendidik namun jugabisa melalui media pendidikan, baik media cetak maupun elektronik.Salah satuproduk yang dihasilkan media elektronik adalah televisi yang bersifat audiovisualyang tidak terlepas dari infromasi dan komunikasi. Di tengah banyaknya acaratelevisi pada saat ini, sangat jarang acara yang sifatnya mendidik khususnyaterhadap anak. Saat ini film kartun, merupakan salah satu tontonan yang disukaianak-anak yang dapat mempengaruhi tingkah laku anak.
Mudah sekali anak-anak untuk menonton tanpa adanya kontrol orang tua,dengan leluasa anak-anak tersebut dapat menonton kapan pun merekainginkan,dengan munculnya film kartun yang bertema religi, dapat membatu paraorang tua yang ingin memberikan pemahaman tentang akhlak terhadap anak-anaknya. Salah satunya seperti film kartun Upin dan Ipin pada seri pertama danseri kedua. Pada film kartun ini nilai-nilai akhlakul karimah disampaikan dalamdialog.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan nilai-nilai akhlak yang terdapat dalam film kartun Upin dan Ipin pada seri pertama tahun 2007 dan serikedua tahun 2008. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan dataobservasi tidak langsung dan dokumentasi. Observasi tidak langsung ini, penulismenonton dan melakukan pengamatan terhadap film kartun Upin dan Ipin padaseri pertama tahun 2007 dan seri kedua tahun 2008. Dan dokumentasi, penelitimemilih isi percakapan dalam film kartun Upin dan Ipin.
Dari hasil penelitian terdapat nilai-nilai akhlakul karimah film kartunUpin dan Ipin pada seri pertama tahun 2007 dan seri kedua tahun 2008. Dalamdua dimensi, yakni dimensi transendental (vertical) seperti : khusyu’ dalamberdo’a, bersyukur, ikhlas. dan dimensi sosial (horizontal) seperti : amar ma’rufnahi munkar, jujur, tolong menolong, mengendalikan nafsu, toleransi, pemaaf,patuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 16 Apr 2020 09:36 |
Last Modified: | 16 Apr 2020 09:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3128 |
Actions (login required)
View Item |