Irawan, Edi (2016) Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Karakter Peserta Didik di Madrasah Aliyah Ma’arif NU 5 Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
040.Tar.16 IAIN Metro.pdf - Other Download (598kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran Aqidah akhlak adalah pembelajaran yang memberikanbimbingan atau pengajaran kepada peserta didik. Didalam Pembelajaran Aqidahakhlak terkandung pendidikan yang berupa nasihat, pendidikan melaluiketeladanan, pendidikan melalui dialog, pendidikan melalui perintah, danpendidikan melalui hukuman. Pembelajaran aqidah akhlak sangat mempengaruhikarakter peserta didik, karena dengan mendidik karakter dengan baik peserta didikakan mengerti bagaimana akhlak yang baik, serta dapat membina, membimbingdan memberi rasa aman di dalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil pra surveymenyebutkan bahwa banyak peserta didik yang kepribadiannya kurang baik yangpada dasarnya mereka sudah diberikan pendidikan dari sekolahnya. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aqidah akhlak di MA Ma’arifNU 5 Sekampung. Adapun hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruhpembelajaran Aqidah Akhlak terhadap karakter peserta didik kelas X di MAMa’arif NU 5 Sekampung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitianini adalah peserta didik kelas X di MA Ma’arif NU 5 Sekampung yang berjumlah160 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel penelitian inimenggunakan teknik random sampling yaitu mengambil 25% dari jumlahpopulasi, sehingga yang mewakili sebagai anggota sampel berjumlah 40 pesertadidik. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa angket dandokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus chi kuadrat.
Berdasarkan hasil dari pengujian hipotesis bahwa chi kuadrat Hitung(χ2h)= 13,669, kemudian dikonsultasikan dengan harga (χ2t), pada tarafsignifikan (5% dan 1%) dengan db 4 yaitu: Pada taraf signifikan 5% (χ2t) =9,488 dan pada taraf signifikan 1% (χ2t) = 13,277. Hal ini menunjukkan bahwachi kuadrat hitung (χ2h) lebih besar dari pada chi kuadrat tabel (χ2t) (baikpada taraf signifikan 1% maupun 5%) yakni 9,448<13,669>13,227. Dengandemikian berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho)ditolak, sehingga dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh pembelajaran AqidahAkhlak. Terhadap karakter peserta didik. Relevansinya adalah peserta didik yangmelakukan perbuatan-perbuatan bermoral dan berakhlakul karimah merupakanhasil dari pengalaman dan pengetahuan mereka dari contoh-contoh dan pelajaranyang diberikan oleh pendidik, orang tua , dan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 16 Apr 2020 09:36 |
Last Modified: | 16 Apr 2020 09:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3131 |
Actions (login required)
View Item |