Fatonah, Khoirotul (2016) Realisasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Pada Kitab Akhlak Lil Banin di Pondok Pesantren Darul A’mal. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
078.Tar.16 IAIN Metro.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembinaan akhlak merupakan tumpuan perhatian utama dalamIslam. Al-Qur’an menjelaskan di utusnya Muhammad sebagai rasul adalahpembawa rahmat untuk seluruh alam. Pada kenyataannya nilai-nilaiakhlakul karimah yang terdapat pada kitab akhlak lil banin belumsepenuhnya terrealisasi dengan baik karena masih terdapat beberapa kendala yang yang dialami oleh ustad dan ustadzah di Pondok PesantrenDarul A’mal.
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana nilai-nilai akhlakul karimah yang ada pada kitab akhlak lil banin terutama padasub bab sopan santun murid di sekolah, sopan santun murid terhadap gurudan sopan santun murid terhadap teman-temannyandan mengetahuikendala yang dialami oleh pengajar saat merealisasikan nilia-nilai akhlakulkarimah yang terdapat pada kitab akhlak lil banin.
Penelitian mendeskripsikan untuk mengetahui bagamaimanakahrealisasi nilai-nilai akhlakul karimah pada kitab akhlak lil banin dankendala yang dialami dalam menerapkannya. Peneliti menggunakan teknikwawancara dan observasi serta dokumentasi terhadap ustad dan ustadzahserta beberapa santri yang mengaji kitab akhlak lil banin, semua data yangdikumpulkan di analisis secara deduktif.
Dari hasil penelitian, ternyata sudah banyak nilai-nilai akhlak lilbanin yang telah diterapkan oleh para santri, seperti sikap santri yangmembersihkan ruangan sebelum belajar, merapikan sepatu dan sandalyang ada di depan ruangan, menyambut dengan sopan, diam dantersenyum kemudian duduk tenang menjelaskan penjelasan yang akandisampaikan. selalu hormat dengan guru dengan membedakan caraberbicara antara guru dengan teman, bertanya dengan lemah lembut danapabila tidak berangkat sekolah meminta izin atau meberika surat, selalumelakukan perintah yang duberikan guru seperti memenuhi semuakitabnya agar mudah untuk membacanya, bila melanggar telah siapmenerima hukuman misalnya diperintahkan untuk berdiri. Dan anak-anakbisa menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda.Kendala yang dialami dari pengajar yakni terlambatnya anak-anak ketikaakan masuk sekolah, susah mengendalikan anak yang suka mengantuk dan kurangnya kordinasi antara pembimbing kamar dengan pengajar sehingga terdapat anak yang merasa terkucilkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 15 Apr 2020 02:34 |
Last Modified: | 15 Apr 2020 02:34 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3133 |
Actions (login required)
View Item |