Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMPN 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah

Rimbawati, . (2016) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMPN 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
080.Tar.16 IAIN Metro.pdf - Other

Download (371kB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar yang perlu menjadi perhatian seorang guruadalah bagaimana menciptakan lingkungan kelas yang kondusif, menyanangkan,menggairahkan, menarik untuk belajar salah satunya yaitu dengan menggunakanmedia audio visual sebagai media bembelajaran, sehingga dapat menghasilkan hasil belajar yang maksimal bagi para anak didiknya.

Dalam penelitian ini rumusan masalah yang dikemukakan adalah apakah adapengaruh pengguanaan media audio visual terhadap hasil belajar pendidikan agamaislam kelas VIII SMP N 1 Terusan Nunyai Lampunga Tengah, dan penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan media audio visual terhadaphasil belajar pendidikan agama islam siswa kelas VIII SMP N 1 Terusan NunyaiLampung Tengah.

Jenis penelitian yag digunakan adalah penelitian yang bersifat deskriptif, danbentuk penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yangdigunakan yaitu dengan metode angket, tes, observasi dan dokumentasi.Kemudiandata yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan chi kuadrat.

Dari hasil perhitungan yang telah penulis lakukan di atas, selanjutnya yangpenulis lakukan adalah menginterprestasikan hasil Chi Kuadrat hitung dengan hargaChi Kuadrat tabel, dan diperoleh harga Chi Kuadrat hitung lebih besar dari harga ChiKuadrat tabel pada taraf signifikansi 1% dan taraf signifikansi 5%, pada d.b = 4 yaitu151,13, sedangkan harga Chi-Kuadrat tabel (2tab) pada taraf signifikansi 5%sebesar = 9,488dan untuk taraf signifikansi 1% sebesar = 13,227dengan demikian,berarti harga Chi Kuadrat hitung (2hit) sebesar 151,13 dengan harga C = 0,834dengan maksC= 0,816, maka hasilnya diperoleh 0,834/0,816 = 1,022 dengan kata lain dapat diungkapkan 10.4% (determinasi dari (1,022)2 x 100%), yaitu faktor satu mempengaruhi faktor yang lain,dalam hal ini penggunaan media audio visualmempengaruhi hasil belajar siswa, walaupun sangat kecil yaitu 10,4%adalah lebihbesar dari Chi-Kuadrat tabel pada taraf signifikansi 1% dan taraf signifikan 5%karenanya Ha yang diterima. Dengan demikian Ha yang penulis ajukan yaitu “Ada pengaruh antara penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII di SMPN 1 Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Apr 2020 02:25
Last Modified: 15 Apr 2020 02:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3134

Actions (login required)

View Item View Item