Yani, Mita (2016) Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Pesawat Sederhana Kelas V SD Negeri 8 Metro Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
|
PDF
161.Tar.16 IAIN Metro.pdf - Other Download (803kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan mengandung pengertian suatu perbuatan yang disengajauntukmenjadikan manusia memiliki kualitas yang lebih baik.Salah satu ukuran berhasilatau tidaknya proses belajar mengajar dapat dilihat dari hasil belajar yangdiperoleh siswa setelah mengikuti model pembelajaran yang digunakan oleh gurudalam proses pembelajaran.Berdasarkan prasurvei di SD Negeri 8 Metro Baratpada pelajaran IPA menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa denganKriteria Ketuntasan Minimum (KKM) untuk mata pelajaran IPA yaitu 63. Siswayang mendapat nilai <63 sebanyak 16 siswa atau 55,17% dari 29 siswa, dan siswayang mendapat nilai ≥ 63 sebanyak 13 siswa atau 44,83% dari 29 siswa. Hal inidisebabkan karena pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa, maka penelitimerencanakan solusi pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasilbelajar dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah denganmenggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapatmeningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 8 Metro Barat SemesterGenap Tahun Pelajaran 2012/2013? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1).Untuk mengetahui penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) terhadap aktivitas belajar pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 8Metro Barat Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. 2).Untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan ContextualTeaching and Learning (CTL) pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 8Metro Barat Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknikpengumpulan data melalui lembar observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisiskuantitatif untuk mengetahui hasil belajar dengan rumus rata-rata dan analisiskualitatif sebagai pendukung kegiatan belajar siswa dengan rumus persentase.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui dengan menggunakanpendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)aktivitas hasil belajar siswamengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sebesar 24,61%. Sedangkanhasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswamencapai 44,83%, pada siklus II mencapai 86,21%. Siklus I dan siklus IImengalami peningkatan sebesar 41,38%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 15 Apr 2020 02:10 |
Last Modified: | 15 Apr 2020 02:10 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3137 |
Actions (login required)
View Item |