Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV b SDN 2 Raman Aji Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016

Sidiq, Rohman (2016) Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV b SDN 2 Raman Aji Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
165.TAR.16 IAIN Metro.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA sebagai ilmu alam yaitu untuk mendidik siswa dalam memahamiilmu-ilmu alam seperti gejala-gejala alam dan bagaimana cara memahami metode ilmiah lalumenerapkanya dengan sikap ilmiah, dikarenakan juga IPA merupakan cakupan ilmu yangmempelajari tentang ilmu kealaman, yaitu tentang dunia zat, baik mahluk hidup maupunbenda mati. Berdasarkan hasil survey awal, dengan sebagian besar siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, guru belum menggunakan beberapa variasi metode pengajaran, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA masih rendah dan masih banyak yangtidak mencapai KKM.

Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan upaya perbaikan pada prosespembelajaran IPA melalui metode role playing Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahapakah penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam matapelajaran IPA bagi siswa kelas IVb SDN 2 Raman Aji Tahun Pelajaran 2015/2016.

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah mengikutipembelajaran dengan menggunakan metode role playing pada siswa kelas IVb SDN 2 RamanAji Tahun Pelajaran 2015/2016.Jenis penelitian ini adalah PTK dengan pengumpulan data yang dilakukan denganlembar tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Pembelajaran dilakukansebanyak 2 siklus dengan 4 kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan.Peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 16,78 % dengan rata-rata nilaipost test siklus I sebesar 71,5 % dan rata-rata nilai post test siklus II sebesar 83,5%.Targetketuntasan belajar yang ingin dicapai dari siswa dengan nilai >65 sebanyak 75 % dapatdicapai dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 83,5 %.Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaranIPA kelas IVb SDN 2 Raman Aji Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Apr 2020 02:00
Last Modified: 15 Apr 2020 02:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3139

Actions (login required)

View Item View Item