Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syaikh Az-Zarnuji dalam Kitabta’limul Muta’alim di Pondok Pesantren Wali Songo Sukajadi Lampung Tengah

Wulandari, Mei Asti (2016) Implementasi Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syaikh Az-Zarnuji dalam Kitabta’limul Muta’alim di Pondok Pesantren Wali Songo Sukajadi Lampung Tengah. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
075.Tar.16 IAIN Metro.pdf - Other

Download (600kB) | Preview

Abstract

Peserta didik merupakan salah satu komponen dari penddidikan.Peserta didik memiliki potensi-potensi untuk dikembangkan. Realita yangtergambar dalam penelitian saat ini menunjukan adanya keterpurukan Akhlak yang dimiliki oleh peserta didik. Kenyataan tersebut merupakantugas besar yang harus diselesaikan oleh pendidikan Islam. Mengingatsangat pentingnya pendidikan bagi terbentuknya karakter seorang pesertadidik, maka menjadi keharusan bagi seluruh lembaga pendidikan untukmelibatkan pendidikan akhlak, baik secara teori terlebih dalam praktik.Karena sesungguhnya tujuan pendidikan islam adalah mencetak insankamil dan memiliki ketaqwaan terhadap Allah SWT.

Perkembangan yang cepat sebagai dampak dari perkembanganilmu dan teknologi, bagaimanapun juga memepengaruhi terhadapbanyaknya masalah dalam usaha dan proses peningkatan kualitaspendidikan baik pada tataran konsep maupun praktiknya. Mengingatpudarnya nilai-nilai akhlak bagi pendidik dan peserta didik sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konseppendidikan akhlak menurut Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’limulMuta’alim di Pondok Pesantren Wali Sogo Sukajadi Lampung Tengah.

Jenis penelitian ini adalah Field Reasearch yaitu penelitian yangmengharuskan peneliti berangkat ke ‘lapangan’ untuk mengadakanpengamatan tentang sesuatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah.Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumberdata sekunder. Metode pengumpulan data adalahwawancara (interview),pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analis datayang digunakan yaitu induktif melalui reduksi data, penyajian data (datadisplay) dan kesimpulan (verification).

Kesimpulan yang diperoleh bahwa ustadz yang mengajarkan kitabTa’limul Muta’lim telah berusaha memberikan penghayatan dan pengajarankepada santri dengan baik. Dan hasil penelitian terhadap santri sebanyak limabelas, maka yang sudah dapat menerapkan yaitu sebanyak dua belas santri, danyang belum yaitu sebanyak tiga santri. Dari data tersebut maka delapanpuluh persen santri sudah mampu menerapkan dan dua puluh persensantri belum mampu menerapkan konsep pendidikan akhlak menurut SyaikhAz-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’alim. Hal ini memang wajar apa bilatidak semua akhlak peserta didik baik, tetapi sudah cukup baik sebagai contoh bagi lembaga pendidikan lain karena di Pondok Pesantren tersebutsudah mampu menciptakan pesrta didik yang mampu menjadi tauladanbagi peserta didik pada umumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 23 Apr 2020 03:04
Last Modified: 23 Apr 2020 03:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3144

Actions (login required)

View Item View Item