Astuti, Indri (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Alat Peraga Siswa Kelas V MI Miftahul Ulum Tulung Jaya Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
INDRI ASTUTI (0956815) IAIN Metro.pdf - Other Download (567kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar siswa kelas V MI Miftahul Ulum Tulungjaya pada tahun ajaran 2011/2012 setelah dianalisis memiliki hasil yang rendah, hal ini diduga karena strategi pembelajaran yang digunakan belum tepat. Proses belajar akan berjalan dengan baik dan kreatif jika guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan suatu konsep, teori, atau pemahaman melalui contoh-contoh (alat peraga) yang ia jumpaidalam kehidupannya. Rendahnya penguasaan siswa dikarenakan kurangnya kemampuan guru dalam menerapkan penggunaan alat peraga.Hal tersebut yang menjadi acuan untuk menggunakan alat peraga kertas lipat dalam membelajarkan siswa pada materi pokok pecahan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Miftahul Ulum Tulungjaya dengan menggunakan alat peraga yaitu kertas lipat.
Untuk mencapai maksud, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus, masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan indikator keberhasilan tercapai apabila siswa dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pelajaran Matematika yang ditandai terlampauinya skor minimal dalam mengerjakan soal tes di akhir siklus II yaitu ≥ 65. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Miftahul Ulum Tulung Jaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi.
Setelah dilakukan PTK, persentase hasil posttest pada siklus I mencapai 50% dengan jumlah siswa 11 orang dan persentase hasil posttest siklus II mencapai 81,8% dengan jumlah siswa 18 orang. Sedangkan persentase hasil pengamatan terhadap siswa pada siklus I pertemuan 1 : 35%, pertemuan 2 : 40%, dan pertemuan 3 : 45%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 4 : 60%, pertemuan 5 : 75%, dan pertemuan 6 : 75%. Hal ini sudah diatas indikator keberhasilan yang diharapkan.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan dengan menggunakan Alat Peraga kertas lipat hasil belajar siswa kelas V MI Miftahul Ulum Tulungjaya pada materi pokok pecahan dapat ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 16 Apr 2020 09:40 |
Last Modified: | 16 Apr 2020 09:40 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3155 |
Actions (login required)
View Item |