Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubugan Antara Interaksi Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI SMAN 1 Metro Kibang Lampung Timur

Vaijah, Siti (2014) Hubugan Antara Interaksi Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI SMAN 1 Metro Kibang Lampung Timur. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
SITI VAIJAH (1059841) IAIN Metro.pdf - Other

Download (520kB) | Preview

Abstract

Di dalam proses pembelajaran banyak alternatif yang dapat ditempuh siswa untukmempermudah dalam menerima pelajaran dalam hal ini dapat ditempuh dengan membuatpersiapak-persiapan belajar seperti niat dan kemauan untuk belajar, sarana belajar, dansebagainya. Langkah ini memberikan lebih besar untuk anak menyerap materi pelajarandan memberi peluang terserapnya pengalaman, konsep-konsep yang diberikan guru padaanak didiknya dalam proses pembelajaran di kelas.Sebagai pengelola pembelajaran(Learning Manager) guru berperanan dalam menciptakan iklim belajar yangmemungkinkan siswa dapat belajar secara nyaman. Melalui pengelolaan kelas yang baik,guru dapat menjaga kelas agar tetap kondusif untuk terjadinya proses belajar seluruhsiswa.Keterampilan guru sangat penting untuk dapat menciptakan dan memeliharakondisi belajar di kelas secara optimal. Selain itu bila terjadi gangguan dalam prosesbelajar mengajar maka guru harus dapat mempertahankan kondisi kelas yang optimal bagiterjadinya proses belajar mengajar.

Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bahwa prestasibelajar pendidikan Agama Islam siswa rendah. Maka dirumuskan masalahnyasebagai berikut: "Adakah hubungan antara interaksi pembelajaran denganprestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMAN 1 Metro KibangLampung Timur tahun pelajaran 2013/2014. Adapun tujuan yang ingin dicapaiadalah: "Untuk mengetahui hubungan antara interaksi pembelajaran denganprestasi belajar pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMAN 1 Metro KibangLampung Timur tahun pelajaran 2013/2014.

Sesuai dengan tujuan tersebut, maka diajukan hipotesis sebagai berikut:"Ada hubungan yang erat antara interaksi pembelajaran dengan prestasi belajarpendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMAN 1 Metro Kibang Lampung Timurtahun pelajaran 2013/2014.

Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Metro Kibang Lampung Timur,dengan menggunakan sampel sebanyak 42 orang siswa. Data dikumpulkanmenggunakan metode angket dan dokumentasi, dan data dianalisis denganrumus Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh r hitungsebesar 0,885, lebih besar dari nilai r tabel N=42 taraf signifikansi 5% =0,304 danuntuk taraf signifikansi 1% = 0,393 dapat disimpulkan bahwa: "Ada hubunganantara interaksi pembelajaran dengan prestasi belajar pendidikan Agama Islamsiswa kelas XI SMAN 1 Metro Kibang Lampung Timur tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Apr 2020 06:30
Last Modified: 16 Apr 2020 09:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3158

Actions (login required)

View Item View Item