Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengajaran keterampilan-keterampilan Bahasa dan Masalahnya untuk siswa di Pondok pesantren Al-Imam Metro Kibang Lampung Timur tahun pelajaran 2019/2020. Tesis. Pascasarjana Institut Agama Islam Negri Metro lampung

Hidayaturrohmah, Nurrobi (2020) Pengajaran keterampilan-keterampilan Bahasa dan Masalahnya untuk siswa di Pondok pesantren Al-Imam Metro Kibang Lampung Timur tahun pelajaran 2019/2020. Tesis. Pascasarjana Institut Agama Islam Negri Metro lampung. Masters thesis, STAIN Jurai Siwo.

[img]
Preview
PDF
Tesis Nurrobi Hidayaturrohmah (1707193).pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bahasa adalah masalah masyarakat yang digunakannya untuk berkomunikasi di antara para anggotanya dan antara kelompok-kelompok di waktu dan tempat yang berbeda. Bahasa didefinisikan sebagai sistem adat simbol dan tanda yang digunakan oleh orang untuk berkomunikasi satu sama lain dan mengekspresikan ide-ide mereka. Suara-suara yang diciptakan oleh sistem bicara manusia dan dirasakan oleh telinga menyebabkan konotasi idiomatik tertentu dalam masyarakat tertentu. Berdasarkan definisi ini dapat dikatakan bahwa sistem bahasa dan sistem harus diatur oleh aturan dan oleh karena itu aturan bahasa diatur. Ini juga fonetis, artinya bahasa yang bersifat fonetis sebagai bunyi mendahului bentuk atau simbol yang ditulis.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dalam pengajaran keterampilan dan masalah bahasa untuksiswa di Pondok Pesantren Al-ImamMetro Kibang Lampung Timur. Metode pengumpulan data dalam tulisan ini adalah observasi, wawancara dan dokumen.

Hasil pencariannya adalah masalah yang ia temukandalam pengajaran keterampilan dan masalah bahasa untuksiswa di Pondok Pesantren Al-ImamMetro Kibang Lampung TimurDalam materi pengajaran, metode pendidikan, dan siswa. Masalah yang dihadapi oleh siswa dalam mengajar bahasa Arab adalah: proses pendidikan, kemampuan siswa, bahan yang digunakan, dan efisiensi guru.Itu masalahpengajaran keterampilan dan masalah bahasa untuksiswa di Pondok Pesantren Al-ImamMetro Kibang Lampung TimurIni kurangnyabuku pendidikan bahasa Arab, meskipun mereka suka belajar bahasa Arab.Tetapi sekolah tidak memiliki buku khusus untuk mendorong keinginan mereka.Peneliti perlu mengetahui pengajaran keterampilan bahasa dan masalah yang mendalamuntuksiswa di Pondok Pesantren Al-ImamMetro Kibang Lampung Timur.

Sedangkan mode belajar bahasa Arab yang digunakan adalah papan tulis, Manual, dan hal-hal yang ada di sekitar ruang kelas dan pesantren meski medianya masih cukup sederhana,Namun, kualitas pembelajaran dalam bahasa Arab di pondok pesantrenAl-Imamtidak lemah.Dibandingkan dengan pondok-pondok canggih lainnya.Penilaian pembelajaran bahasa Arab dilakukan dengan menggunakan teknik tes, Apakah tes tertulis atau lisan atau kata kerja dalam bentuk tes harian dan tes akhir semesterMencakup 4 keterampilan bahasa, baik mendengarkan, menulis, membaca dan berbicara dalam bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 23 Apr 2020 01:34
Last Modified: 23 Apr 2020 01:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3162

Actions (login required)

View Item View Item