Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hadiah Hujan Emas Dan Dampaknya Terhadap Animo Menabung Masyarakat Pada BRI Syariah Tanjung Karang

Octavia, Cindy (2016) Hadiah Hujan Emas Dan Dampaknya Terhadap Animo Menabung Masyarakat Pada BRI Syariah Tanjung Karang. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TUGAS AKHRI CINDY OCTAVIA_1294468.pdf - Other

Download (15MB) | Preview

Abstract

Hadiah hujan emas adalah salah satu program yang terdapat di BRI Syariah. Program ini hanya diperuntukkan bagi nasabah penabung. Program ini tentunya untuk menambah minat nasabah penabung agar meningkatkan saldo tabungannya. Pada awalnya produk hadiah hujan emas mengalami berbagai dilema sebelum diaplikasikan. Sebelumnya menggunakan nama hadiah produk hadiah hujan emas awalnya berslogan undian. Strategi hadiah hujan emas adalah bagian dari setragi pemasaran BRI Syariah, secara spesifik strategi pemasaran seperti halnya hadiah hujan emas disebut sebagai strategi diferensial. Strategi ini banyak dipakai perusahaan dengan tujuan untuk menarik minat pasar (animo) sekaligus sebagai pengikat loyalitas konsumen. Oleh sebab itu, penelitian ini mengacu pada produk layanan hadiah hujan emas terhadap animo masyarakat terhadap produk tabungan-faktor-faktor yang perlu diketahui antara indikasiindikasi minat menabung masyaraat.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hadiah hujan emas dan dampaknya terhadap animo menabung masyarakat pada BRI Syariah Tanjung Karang. Manfaat penelitian ini secara teoretis diharapkan dapat memperkaya khazanah pengetahuan serta wawasan praktik Bank khususnya dalam hadiah hujan emas dan dampaknya terhadap animo menabung masyarakat pada BRI Syariah Tanjung Karang, sedangkan secara praktis penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai informasi kepada pembaca dan penulis sendiri mengenai hadiah hujan emas dan dampaknya terhadap animo menabung masyarakat pada BRI Syariah Tanjung Karang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sifat penelitian ini adalah deskriptif. Tekhik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi.

Berdasarkan data yang diperoleh peneliti layanan hadiah hujan Emas loyalitas nasabah dan animo masyarakat mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Karena dianggap efektif meningkatkan animo masyarakat, Hadiah Hujan Emas BRI Syariah Tanjung Karang pada tahun 2014 mendapatkan penghargaan. Kendala-kendala yang dihadapi BRI Syariah Tanjung Karang yaitu kurang tersosialisasinya produk perbankan syariah kepada masyarakat luas. Layanan hadiah hujan emas sendiri mengalami kendala saat promo dikarenakan konsep hadiah sendiri yang menjadi pertanyaan dari masyarakat apakah hadiah atau undian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 24 Apr 2020 09:38
Last Modified: 24 Apr 2020 09:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3168

Actions (login required)

View Item View Item