Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V MI. Sabilil Huda Sidorahayu Kec. Waway Karya Kab. Lampung Timur Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Subiyanto, Slamet (2014) Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V MI. Sabilil Huda Sidorahayu Kec. Waway Karya Kab. Lampung Timur Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi IAIN Metro (3).pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran matematika dalam struktur kurikulum pendidikan dasar memiliki kedudukan yang fondamental. Hal ini dikarenakan matematika mempunyai peran yang sangat penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta untuk membekali siswa berfikir logis,analistis,dan kritis dalam memecahkan masalah.

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa karena metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi,sehingga dirumuskan masalah penelitian:”Apakah Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI Sabilil Huda Sidorahayu Tahun Pelajaran 2013/2014”.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Sabilil Huda Sidorahayu dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning tahun pelajaran 2013/2014.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan 2 kali pertemuan setiap siklus. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Sabilil Huda Sidorahayu Kecamatan Waway Kaeya yang berjumlah 14 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen lembar observasi dan tes.

Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dari 57% yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 79% siswa yang tuntas belajar pada siklus II sehingga terjadi peningkatan 22%. Dengan demikian hasil yang dicapai telah mencapai target yang diinginkan yaitu 70% siswa mencapai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V MI Sabilil Huda Sidorahayu tahun pelajaran 2013/2014, maka disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Ma'ani IAIN Metro
Date Deposited: 30 Apr 2020 09:38
Last Modified: 30 Apr 2020 09:38
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3178

Actions (login required)

View Item View Item