Hidayati, Naili (2015) Implementasi Metode Ceramah Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di MTs Nurul Barkah Pekon Betung Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi IAIN Metro (2).pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Melalui metode ceramah guru dapat membina akhlak peserta didik, karena peserta didik akan mendengarkan penjelasan guru tentang pesan-pesan moral yang baik melalui berbagai contoh yang dapat ditemukan peserta didik dalam kehidupannya sehari-hari ataupun dengan menceritakan kisah-kisah yang dapat mendorong peserta didik memperbaiki akhlaknya. Berdasarkan hasil penelitian awal tersebut diperoleh permasalahan bahwa walaupun guru telah menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi pelajarannya akan tetapi akhlak peserta didik di MTs tersebut masih kurang baik. Untuk itu peneliti tertarik meneliti lebih lanjut tentang “Implementasi Metode ceramah dalam Membina Akhlak Peserta Didik, dengan lokasi penelitian di MTs Nurul Barkah Pekon Betung Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus.
Pertanyaan dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana implementasi metode ceramah dalam membina akhlak peserta didik. 2. Faktor-faktor apasaja yang mempengaruhi implementasi metode ceramah dalam membina akhlak peserta didik. Oleh karena itu tujuan utama penelitian adalah untuk mengetahui implementasi metode ceramah dalam membina akhlak peserta didik di MTs Nurul Barkah Pekon Betung Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan sumber data primer guru pendidikan agama Islam dan peserta didik yang teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian adalah: 1. Implementasi metode ceramah dalam membina akhlak peserta didik di MTs Nurul Barkah Pekon Betung melalui empat tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pendahuluan, tahap inti pembelajaran, tahap penilaian pembelajaran. 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode ceramah dalam membina akhlak peserta didik di MTs Nurul Barkah Pekon Betung yaitu: faktor dalam diri peserta didik, faktor teman sepergaulan peserta didik, faktor kurangnya perhatian orangtua peserta didik, dan faktor kurangnya kerjasama antar guru di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Ma'ani IAIN Metro |
Date Deposited: | 30 Apr 2020 09:38 |
Last Modified: | 30 Apr 2020 09:38 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/3179 |
Actions (login required)
View Item |